Return to site

Lakukan 3 Hal Ini Jika Tidak Ingin Kehilangan Pelanggan

Menjaga pelanggan adalah menjaga aset

· Tips Sales

Berusaha untuk memberikan pengalaman yang luar biasa untuk pelanggan adalah prioritas yang dilakukan oleh perusahaan saat ini. Dengan persaingan yang begitu keras, perusahaan harus benar-benar fokus pada pengalaman pelanggan mereka. Bukan hanya dengan pelayanan yang baik, tetapi juga pengalaman-pengalaman menarik tak terduga juga harus diperhatikan untuk menjadi pendukung yang kuat untuk mendorong brand produk maupun perusahaan.

Kita tahu, sangat mudah bagi pelanggan untuk meninggalkan perusahaan karena banyaknya pilihan yang dapat mereka pilih saat ini. Ini merupakan ancaman tak terlihat yang harus diantisipasi jika ingin tetap mendapatkan loyalitas pelanggan. Sehingga, sangat penting bagi perusahaan untuk memahami dan mengerti semua pelanggan yang dimiliki saat ini.

Berikut adalah 3 hal yang harus Anda perhatikan agar tidak pernah kehilangan pelanggan lagi.

1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Perusahaan tentu memiliki data-data pelanggan mulai dari pembelian hingga komplain yang pernah dilakukan. Maksimalkan data yang dimiliki tersebut untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan agar tingkat kepuasannya semakin meningkat. Jika perusahaan hanya mengejar pelanggan untuk melakukan pembelian dan tidak pernah menghiraukan komplain yang diberikan, pelanggan tidak akan pernah bisa merasa puas terhadap pelayanan perusahaan. Yang artinya, perusahaan telah gagal menjaga pelanggannya. Oleh karena itu, menjaga hubungan dengan pelanggan dan melayani dengan baik serta memberikan solusi saat menghadapi masalah terkait produk adalah hal penting yang tidak terbantahkan yang harus dilakukan oleh perusahaan. Implementasi CRM akan membantu Anda memperbaiki hubungan serta penyelesaian masalah komplain dengan lebih cepat.

2. Memberikan penawaran tepat waktu

Kapan Anda harus menawarkan produk kepada pelanggan? Sebagian perusahaan menunggu pelanggan menghubungi untuk melakukan pembelian ulang dengan alasan lebih tepat sasaran. Padahal, memberikan penawaran yang lebih cepat daripada menunggu pemesanan ulang pelanggan jauh lebih baik. Karena, ini akan membantu pelanggan dapat melakukan pekerjaannya dengan baik.

Sebagai contoh, ketika perusahaan Anda memiliki bahan baku produksi yang cocok dengan pelanggan, Anda tidak harus menunggu pelanggan menghubungi Anda untuk menawarkan produk bahan baku tersebut. Tetapi, jika Anda merasa saat ini adalah waktu yang tepat untuk menawarkan bahan baku yang Anda miliki pada pelanggan, sebelum bahan baku tersebut habis di pelanggan, tentu pelanggan tidak akan keberatan untuk melakukan pembelian kepada Anda. Justru, mereka akan sangat terbantu dengan penawaran yang Anda berikan dikarenakan Anda ikut mencegah pelanggan berhenti produksi karena kehabisan bahan baku.

Ketika Anda berhasil menguasai waktu seperti yang kami sebutkan pada contoh di atas, ketika Anda berada pada posisi pelanggan dan merasakan hal yang sama, bagaimana perasaan Anda? Apakah Anda keberatan untuk melakukan pembelian, atau sebaliknya, Anda akan merasa senang karena sangat terbantu dengan pengingat secara tidak langsung dari sales yang menghubungi Anda?

3. Mengurangi potensi churn pelanggan

Secara singkat, Churn adalah hilangnya pelanggan karena mereka pindah ke perusahaan lain. Jika Anda tidak ingin kehilangan pelanggan, maka Anda harus selalu memantau pembelian yang dilakukan oleh pelanggan serta sikap pelanggan terhadap Anda. Apabila pelanggan yang biasanya melakukan pembelian besar, tetapi ia menurunkan pembelian secara bertahap pada pembelian-pembelian berikutnya, itu menandakan bahwa pelanggan tersebut memiliki potensi untuk berpindah pada perusahaan lain. Disini, peran penting bagi perusahaan untuk selalu melihat indikator pembelian pelanggan baik dengan sistem CRM maupun dengan cara tradisional.

Berikan pelayanan lebih dan mencoba mencari tahu keluhan yang dialami oleh pelanggan ketika ia mengurangi jumlah pembelian merupakan langkah antisipasi yang harus dilakukan perusahaan. Ketika perusahaan terlambat mencari tahu alasan penurunan pembelian tersebut, potensi kehilangan pelanggan akan lebih besar.

Itulah 3 hal yang harus Anda perhatikan jika tidak ingin kehilangan pelanggan. Semoga informasi ini membantu Anda memperbaiki pelayanan terhadap pelanggan dan dapat meningkatkan penjualan Anda. Modernisasi sistem hubungan pelanggan Anda dengan implementasi CRM. Kenali lebih jauh tentang apa itu CRM dengan menghubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com