Return to site

Layanan Konsultatif Dapat Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Memposisikan diri sebagai konsultan yang tepat bagi pelanggan

· Sales Strategy

Bagaimana pun, mengelola, menjaga dan mengatur pelanggan untuk semakin loyal terhadap apa yang kita tawarkan bukanlah perkara mudah. Terlebih lagi dengan semakin meningkatnya persaingan dan juga adanya dorongan dari kompetitor untuk "mengambil alih" pelanggan, semakin membuat Anda berada pada kondisi yang semakin berat. Solusi terbaik untuk menjaga pelanggan tetap loyal terhadap perusahaan dan produk adalah dengan meningkatkan kepuasan dan pengalaman pelanggan.

Untuk mencapai tingkat kepuasan dan pengalaman yang baik, perusahaan tidak hanya menggantungkan tanggung jawab pada tim sales saja. Tetapi, semua pihak yang berhubungan dengan pelanggan baik secara langsung maupun tidak, juga harus mengemban tanggung jawab ini. Seperti customer support, customer service dan juga tim penyedia produk atau layanan. Semua divisi ini harus bisa memiliki visi yang sama untuk memberikan layanan yang maksimal kepada pelanggan.

Dari sebagian banyak bentuk layanan yang dapat meningkatkan kepuasan dan pengalaman pelanggan, salah satu diantaranya adalah dengan menjalankan atau menawarkan sistem pendekatan konsultatif. Pendekatan konsultatif ini dapat meningkatkan nilai kepuasan dan pengalaman pelanggan di berbagai aspek di sisi pelanggan. Ini juga akan berpengaruh terhadap loyalitas yang lebih baik.

Diantara berbagai macam manfaat dalam menerapkan layanan konsultatif, berikut adalah beberapa contohnya untuk Anda:

1. Layanan konsultatif dapat membawa pelanggan untuk lebih mudah berinteraksi dan meminta masukan dari perusahaan terkait masalah-masalah yang dihadapi dan bagaimana perusahaan Anda memberikan solusi untuk masalah tersebut. Sehingga perusahaan dapat memberikan inovasi-inovasi yang lebih cepat terhadap produk dan layanan agar semakin banyak pelanggan yang puas.

2. Dengan layanan konsultatif, perusahaan dapat memilih prioritas utama yang menjadi masalah umum pelanggan. Dengan demikian, perusahaan memiliki nilai yang unik dan berbeda berbasis pelanggan ketika hendak memperbarui produk dan layanan.

3. Pelanggan yang mudah berkonsultasi merasa memiliki konsultan yang tepat untuk masalah yang berkaitan dengan produk dan layanan. Sehingga tidak ada keraguan bagi mereka untuk terus bekerja sama.

4. Tim menjadi lebih mudah untuk mengenali masalah pelanggan, lebih tepat dalam mengambil tindakan serta dapat meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi. Jika komunikasi dengan pelanggan menjadi lebih baik, tentu hubungan dan loyalitas yang diberikan oleh pelanggan juga akan meningkat.

Dari beberapa macam contoh manfaat tersebut, Anda akan lebih mudah untuk meramu strategi pemasaran dan penjualan dengan berbasis pada masalah pelanggan. Prospek yang melihat kinerja Anda dalam memberikan layanan terhadap pelanggan juga dapat mengambil keputusan lebih cepat untuk menggunakan produk dan layanan Anda. Dari sisi penjualan sendiri, retensi pelanggan bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan dan lebih menjamin kualitas pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan.

Jika Anda ingin memaksimalkan strategi penjualan dengan layanan konsultatif pada pelanggan, maka Anda perlu menggunakan suatu sistem yang dapat merekam semua masalah pelanggan dan juga solusi yang diberikan oleh perusahaan untuk mengatasi masalah tersebut. Sistem yang dapat digunakan diantaranya adalah dengan implementasi Customer Relationship Management (CRM). Ingin mengenal sistem CRM Sales1CRM lebih lanjut? Silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly