Return to site

Leader, Ini Tips Membangun Tim Yang Solid Untuk Anda

Meningkatkan kualitas tim sales dalam perusahaan

· Leadership

Memiliki tim yang solid dalam perusahaan adalah impian semua leader di seluruh perusahaan. Tetapi, banyak dari mereka yang merasa sulit untuk mewujudkan hal tersebut lantaran menerima orang yang tidak tepat saat melakukan perekrutan. Padahal, tim yang solid memberi dampak yang sangat baik terhadap pertumbuhan perusahaan dibandingkan dengan tim yang bekerja secara individual.

 

Jika Anda ingin memiliki tim yang solid dalam perusahaan, berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan:

 

1. Awali dengan memilih calon anggota tim yang mampu berkomunikasi dengan baik

Komunikasi yang baik antar tim adalah awal dari terbentuknya tim yang solid di dalam perusahaan Anda. Karena dengan komunikasi ini akan terjalin hubungan dua arah antara anggota tim dengan anggota tim lainnya, antara tim dengan leader serta tim dengan pimpinan perusahaan. Jika Anda memilih anggota tim yang tidak dapat berkomunikasi dengan baik antar tim, tentu tim Anda hanya akan bekerja secara individu dan jarang untuk bekerja sama.

 

2. Pilih calon yang mudah belajar dan sikap yang baik bukan hanya dari latar belakang pendidikan

Memiliki pendidikan yang tinggi, umumnya memiliki pengetahuan lebih baik. Tetapi, belum tentu memiliki attitude yang baik dan juga belum tentu mudah belajar. Pilihlah mereka yang mudah belajar dan memiliki sikap yang baik sebagai anggota tim Anda. Jika memang Anda menemukan sosok yang berpendidikan tinggi dan memiliki kriteria ini, tentu ini akan menjadi nilai lebih bagi tim Anda. Tetapi, apabila tidak menemukan yang bependidikan tinggi tetapi memenuhi kriteria, ambillah dia. Karena, suatu saat meskipun pendidikannya tidak terlalu tinggi, bisa memberikan hasil yang tidak kalah penting untuk tim dibandingkan mereka yang berpendidikan tinggi tetapi tidak memenuhi kriteria.

 

3. Pilih anggota yang mencintai pekerjaannya

Mencintai pekerjaan adalah tantangan. Banyak orang yang berpindah-pindah posisi karena merasa tidak sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih orang yang memiliki rasa senang/cinta terhadap posisi yang akan ia isi. Karena ini akan berimbas pada totalitasnya dalam bekerja bukan hanya asal masuk kantor saja.

 

4. Siap mengikuti budaya perusahaan

Budaya perusahaan adalah salah satu bagian penting yang harus bisa dikuasai oleh calon anggota tim maupun anggota tim yang sudah Anda miliki saat ini. Dengan mengikuti budaya dalam perusahaan, artinya tim Anda siap untuk bekerja sepenuh hati dan akan terus memberikan efek yang positif bagi kelangsungan bisnis perusahaan. Yang tidak kalah penting adalah kesiapannya dalam bersama-sama dalam membangun/mengembangkan tim.

 

Itulah tips untuk memiliki tim yang solid dalam perusahaan yang dapat kami berikan kepada Anda. Semoga tips ini dalpat membantu dalam menyusun ulang kualitas tim di perusahaan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com