Return to site

Strategi Untuk Meningkatkan Efisiensi Bisnis Anda

Efisiensi dalam bekerja

· Tips Sales

Efisiensi bisnis bukan hanya tentang bagaimana perusahaan menjalankan program-program untuk menghemat biaya pengeluaran saja. Tetapi, efisiensi juga terjadi pada bagaimana perusahaan mengelola semua hal yang berkaitan dengan bisnis sebaik mungkin dengan lebih cermat dan tidak berlebihan. Efisiensi bisnis juga berarti Anda dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan baik dengan proses minim tetapi hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi bisnis Anda:

1. Fokus pada satu hal pada satu waktu

Dalam arti yang sederhana, fokus adalah bagaimana Anda melihat satu titik yang ingin Anda capai dan tidak akan pernah berhenti untuk mencapai titik tersebut. Artinya, Anda hanya bisa disebut fokus ketika bekerja dengan satu target pada satu waktu dan mengupayakan target tersebut terpenuhi hingga selesai. Jika Anda mengerjakan beberapa pekerjaan pada waktu bersamaan, itu tidak dapat disebut dengan fokus. Fokus pada satu hal jauh lebih baik dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan untuk bisnis.

2. Kurangi hal-hal yang tidak diperlukan

SOP perusahaan kadang kala membuat tim yang bekerja di dalamnya menjadi tidak produktif. Ketika tim tidak bekerja produktif, itu artinya mereka bekerja tidak efisien. Oleh karenanya, mulailah dengan membuat SOP yang lebih sederhana dan kurangi hal-hal yang tidak diperlukan agar tim bekerja lebih efisien.

3. Otomasi pekerjaan yang bisa dilakukan dengan bantuan teknologi

Analisa, scoring prospek, memilih prospek berkualitas, email marketing, report dan lain sebagainya merupakan pekerjaan-pekerjaan yang dapat menghabiskan waktu cukup panjang bagi tim Anda dalam bekerja. Semua hal ini sebenarnya sudah dapat Anda lakukan dengan cara mengimplementasi sistem yang dapat membantu pekerjaan-pekerjaan tersebut secara otomatis. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda dapat mengimplementasikan aplikasi/platform CRM yang benar-benar dapat membantu tim Anda dalam menghemat waktu mereka dari yang awalnya harus menganalisa dari nol, dengan bantuan platform ini, tim sales hanya perlu mengecek tingkat akurasinya saja.

4. Memantau proses dengan menggunakan alat yang tepat

Proses bukan berarti bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis industri saja. Tetapi, proses ini semua dimiliki oleh bisnis. Baik itu pergudangan, perkantoran, retail, properti dan bisnis-bisnis lainnya. Disinilah peran penting alat untuk memantau proses yang tepat untuk bisnis Anda. Sehingga, Anda yakin tidak ada proses yang menyimpang dan tidak ada yang membawa bisnis ada pada level tidak efisien.

Itulah beberapa strategi untuk meningkatkan efisiensi bisnis yang Anda miliki. Semoga strategi ini dapat membantu Anda memperbaiki performa bisnis maupun performa tim yang bekerja untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda dari waktu ke waktu. Jika Anda menyukai artikel-artikel kami, silakan daftarkan email Anda pada form subscribes di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru dari kami. Gratis!

Ilustrasi (c) Unsplash.com