Return to site

Leader, Mengapa Anda Perlu Makan Bersama Tim Anda?

Kebersamaan untuk meningkatkan kinerja tim

· Tips Sales

Sepintas terlintas hal ini tidak ada kaitannya dengan sales maupun marketing. Tetapi, melakukan aktivitas sederhana seperti ini ternyata mampu memberikan efek yang cukup signifikan untuk tim Anda. Sepele, memang, tetapi pada kenyataannya tidak semua leader mampu mengajak timnya makan bersama.

 

Lalu, mengapa mengajak tim makan bersama itu penting dan perlu dilakukan oleh seorang leader? Berikut alasannya!

 

1. Meningkatkan moral tim

Kebersamaan yang terjadi saat Anda duduk dan makan bersama tim menjadi jembatan yang sangat ampuh untuk meningkatkan moral tim. Makan bersama membuktikan bahwa ada kepedulian dari dalam diri Anda untuk tim dan menyadarkan mereka bahwa Anda memperhatikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab tim Anda.

 

2. Mendekatkan tim satu sama lain

Banyak perusahaan yang tidak bisa mencapai kesuksesan karena keretakan pada tubuh tim sales dan marketing yang dimiliki. Mereka bekerja lebih individualis serta tidak peduli dengan rekan-rekannya. Dengan kegiatan sederhana seperti ini, Anda dapat mendekatkan tim Anda. Jika saat ini masih belum, dengan kegiatan rutinitas seperti ini, kedekatan mereka akan tumbuh dengan sendirinya dan membawa kerja sama yang lebih baik dalam pekerjaan.

 

3. Membuktikan Anda dapat dijangkau oleh siapa pun

Tidak semua anggota tim sales/marketing mampu menjangkau leadernya. Ada yang sungkan/malu, ada yang tidak bisa bertemu dan lain sebagainya. Terkadang jabatan seseorang juga menjadi penghalang kedekatan leader dengan tim nya. Dengan makan bersama ini, secara tidak langsung Anda telah memberikan contoh yang sangat penting untuk tim Anda. Bahwa tidak ada jarak dalam tim Anda bahkan Anda pun bisa dijangkau oleh siapa pun. Baik oleh tim sales yang berhasil menjualan dengan nilai besar atau pun bagi mereka yang belum berhasil membukukan penjualan.

 

4. Sebagai bentuk apresiasi

Jika Anda tidak dapat mengapresiasi tim Anda dengan penghargaan besar, makan bersama dapat dijadikan bentuk apresiasi atas kinerja mereka selama ini. Tidak ada orang yang akan bekerja dengan baik jika mereka merasa tidak dihiraukan oleh rekan satu tim terlebih lagi oleh leader mereka. Dengan cara seperti ini, meski tim tidak mendapatkan bonus besar dari perusahaan, tim sales/marketing Anda pasti akan merasa senang.

 

Itulah alasan-alasan mengapa harus makan bersama tim Anda. Apakah Anda setuju? Silakan tinggalkan komentar Anda.

Ilustrasi (c) Pixabay.com