Return to site

Memilih Alat Marketing Autiomation Yang Tepat

Yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih marketing automation

· Tips Marketing

Banyak alat/tools yang dapat Anda gunakan untuk otomasi pemasaran (marketing automation). Sesuai dengan namanya, otomasi pemasaran mengacu pada proses pemasaran yang dapat dilakukan dengan cara otomatis untuk meningkatkan efisiensi tim marketing. Awalnya, alat ini hanya berkutat pada email. Seiring dengan perkembangan teknologi, alat otomasi pemasaran ini sudah mencakup semua tahap proses pemasaran. Sehingga merketer dapat mengelola alur kerja marketing dengan lebih efisien dan efektif.

Memilih dan menggunakan otomasi pemasaran merupakan bagian penting dari proses yang akan Anda ambil nantinya. Agar Anda tidak terjebak pada alat yang salah, berikut adalah tips untuk memilih alat otomasi pemasaran yang dapat Anda jadikan pertimbangan.

1. Apa yang akan Anda lakukan?

Banyak fitur yang ditawarkan oleh penyedia otomasi pemasaran yang akan Anda dapatkan. Jangan sampai Anda salah memilih fitur dari alat yang Anda pilih tersebut. Pastikan terlebih dahulu apa tujuan Anda dan apa yang akan Anda lakukan untuk memaksimalkan pemasaran Anda. Ketika Anda memahami tujuan tersebut, Anda dapat memilih alat otomasi pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda.

2. Jangan fokus pada uang yang harus Anda bayar

Harga menentukan apa yang akan Anda dapatkan dari otomasi pemasaran. Oleh karena itu, jangan fokus pada uang yang harus Anda bayar, tetapi fokuslah pada fitur yang sesuai dengan rencana pemasaran Anda saat ini atau di masa depan. Jika Anda fokus pada harga, bisa saja fitur yang Anda harapkan tidak bisa Anda dapatkan dari alat tersebut.

3. Mengikuti pelatihan dengan baik

Ketika Anda menggunakan alat otomasi, manfaatkan pelatihan yang diberikan oleh vendor Anda dengan baik. Pelatihan tersebut merupakan waktu yang tepat untuk memahami bagaimana Anda memaksimalkan potensi yang akan Anda dapatkan dari alat tersebut. Jika Anda menggunakan hanya dengan belajar sendiri, bisa saja Anda melewatkan fitur yang dapat mengoptimalkan alat otomasi pemasaran yang Anda gunakan.

 

4. Dapat diintegrasikan dengan CRM

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, pilihlah alat otomasi marketing yang dapat diintegrasikan dengan CRM. Karena, kolaborasi CRM dengan otomasi pemasaran akan menghasilkan strategi yang maksimal untuk marketing Anda.

Ilustrasi (c) Freepick.com