Return to site

Software Berbasis Cloud Untuk Membantu Start-up

Software cloud untuk meningkatkan efisiensi start-up

· Tips Bisnis

Sudah siap untuk menjalankan bisnis sendiri? Ingin tahu bagaimana cara memaksimalkan keuntungan dengan memanfaatkan cloud? Berikut adalah software-software berbasis cloud yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi pengeluaran dan juga untuk membantu Anda mencapai kesuksesan.

 

1. Software Akuntansi Berbasis Cloud

Software akuntansi menjadi software yang harus Anda utamakan untuk mencatat keuangan Anda. Mengapa Anda harus memilih software akuntansi berbasis Cloud? Dengan keunggulan cloud yang dapat Anda akses dari mana pun, akan memudahkan Anda dalam mengontrol keuangan perusahaan. Seperti, melihat pengeluaran maupun pemasukan perusahaan cukup melalui smartphone. Sehingga, ketika Anda tidak dapat ke kantor dalam jangka waktu yang cukup lama, misal 2-3 minggu, Anda tetap bisa melihat keuangan perusahaan Anda setiap hari.

 

2. Billing berbasis cloud

Sering kita kehilangan nota/billing pembayaran yang telah dilakukan oleh pelanggan. Hal ini pun juga dimanfaatkan oleh karyawan-karyawan nakal yang ingin mencari kesempatan berbuat tindakan tidak terpuji. Misal, penjualan yang tidak dicatat dan memasukkan hasil penjualan untuk dirinya sendiri. Ketika hal tersebut terjadi, Anda akan mengalami kerugian yang sangat besar untuk perusahaan. Oleh karena itu, buatlah sistem cloud billing untuk meminimalisir kecurangan tersebut. Selain bermanfaat untuk perusahaan, billing berbasis cloud juga bermanfaat untuk pelanggan yang kehilangan bukti pembayaran/pembelian.

 

3. Cloud storage

Jika perusahaan Anda memiliki data yang cukup besar, alihkan data-data tersebut pada cloud. Selain untuk kemudahan akses, sistem cloud yang dilengkapi auto backup akan membantu mengamankan data-data Anda.

 

4. Pelacakan karyawan

Ada banyak software berbasis cloud yang bisa Anda manfaatkan untuk memantau karyawan Anda saat bekerja. Terutama untuk mereka yang bekerja di lapangan seperti kurir, marketing, sales dan karyawan-karyawan lainya. Salah satu software yang memiliki kemampuan tersebut adalah cloud based CRM atau Anda juga dapat memantau software-software lain untuk memonitor karyawan-karyawan Anda seperti absensi, social media monitoring, inactivity monitoring dan lain sebagainya. Dengan software-software tersebut Anda dapat dengan mudah memantau karyawan-karyawan Anda.

 

Itulah software berbasis cloud yang dapat Anda gunakan untuk membantu kesuksesan bisnis start-up yang dapat Anda gunakan. Apakah Anda memiliki saran software lain? Silakan tinggalkan komentar Anda disini!

Ilustrasi (c) Freepik.com