Return to site

Machine Learning & Artifial Intelligence Untuk Layanan Pelanggan

Implementasi teknologi kecerdasan buatan dalam penjualan

· News

Machine Learning (ML) dan Artifical Intelligence (AI) merupakan teknologi yang dapat mendominasi bisnis dalam beberapa tahun ke depan. Berdasarkan data CIO, dari hasil survei terhadap 500 responden dari 11 negara menyebutkan bahwa hampir 90% responden berencana untuk menggunakan teknologi ML. Sedangkan nilai investasi diperkirakan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari 35% pada 2017 menjadi 63 persen pada tahun 2020. Ini sudah cukup membuktikan bahwa kesadaran perusahaan terhadap teknologi ML dan AI ini sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian lebih.

Secara sederhana, saat ini kita sudah mulai mengarah pada teknolgi Artifical Intelligence (AI) dengan menggunakan sistem analytics pada website. Ini menunjukkan bahwa otomasi dalam analisa merupakan bagian dalam bisnis yang harus dikedepankan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan produktivitas tim dalam bekerja. Bahkan, dari hasil riset yang dilakukan oleh Accenture, mereka menemukan adanya potensi tantangan terhadap dukungan pelanggan yang dilakukan secara manual dengan implementasi ML dan AI. Kedua teknologi ini dianggap memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dan juga akan meningkatkan kecepatan tim dalam bekerja.

Teknologi ML dan AI mengidentifikasi potensi yang lebih baik dalam mengelola data. Tetapi, ini semua juga bergantung pada bagaimana perusahaan dan tim yang bekerja di dalamnya mengelola data dengan baik. Jika tim masih bekerja secara tidak terstruktur dalam mengelola data, sekalipun sudah menggunakan teknologi ML maupun AI, tentu teknologi ini hanya akan menjadi teknologi biasa-biasa saja yang tidak memberikan efek besar terhadap dukungan pelanggan.

Contoh, dengan sistem yang dilengkapi dengan teknologi ML dan AI, haruslah memiliki fungsi yang tepat dalam proses mengkategorikan pelanggan, memprioritaskan tindakan dan pelanggan serta dalam memberikan pelayanan, tim tidak hanya mampu meningkatkan kecepatan dalam bekerja tetapi juga dengan akurasi yang lebih baik. Memberikan laporan dan memastikan laporan dengan baik untuk perusahaan adalah salah satu kapabilitas yang dimiliki oleh sistem AI dan ML.

Teknologi ML dan AI masih dalam taraf pengembangan yang tentu saja membutuhkan pengembangkan lebih jauh dan penyempurnaan. Namun, mempersiapkan diri untuk segera berinvestasi pada dukungan teknologi ini dapat menyempurnakan layanan terhadap pelanggan-pelanggan Anda di masa depan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK