Return to site

Mahalnya Perhatian Dari Prospek/Pelanggan Untuk Perusahaan

Investasi kepercayaan dari pelanggan yang perlu Anda perhatikan

· Tips Sales

Jika selama ini Anda fokus untuk menjual produk/layanan kepada pelanggan dengan harga yang mahal dan memperoleh keuntungan yang besar, berarti Anda telah melewatkan satu hal yang sangat penting. Hal tersebut adalah perhatian yang telah diberikan oleh semua prospek dan pelanggan Anda. Padahal, perhatian dari mereka adalah hal yang tidak dapat Anda beli dengan harga berapa pun.

Perhatian merupakan bentuk investasi dari prospek yang Anda hargai dengan baik. Karena perhatian yang diberikan oleh mereka akan menjadi keuntungan besar untuk perusahaan di masa depan. Semakin baik Anda dalam merawat perhatian mereka, pembelian mereka pun akan terus meningkat.

Perhatian memang gratis, tapi prospek menginvestasikan beberapa hal berikut ini hanya untuk Anda dan perlu mendapatkan perhatian!

1. Waktu yang mereka miliki untuk Anda

Waktu adalah salah satu perhatian yang diberikan oleh prospek kepada Anda dan perusahaan. Mereka bersedia memberikan waktu untuk bertemu dengan Anda, mendengarkan penawaran Anda dan lain sebagainya yang berhubungan dengan penjualan. Ini adalah hal pertama yang harus Anda bayarkan kepada prospek jika Anda ingin terus mendapatkan perhatian mereka. Tetapi, untuk mendapatkan perhatian tersebut, Anda harus memberikan waktu lebih kepada mereka sebagai bentuk pelayanan Anda.

2. Energi yang mereka berikan

Hal kedua yang harus Anda bayar adalah energi. Anda harus fokus untuk melayani prospek/pelanggan yang telah memberikan perhatian mereka kepada Anda dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang melibatkan Anda dan prospek/pelanggan. Perhatian tidak akan pernah bisa Anda dapatkan dari seorang prospek/pelanggan apabila Anda tidak pernah mengambil tindakan apa pun untuk membantu pelanggan. Tindakan seperti apa yang membutuhkan energi? Melayani, membantu, mengikuti even prospek/pelanggan dan lain sebagainya.

3. Kreativitas

Yang terakhir adalah kreativitas yang harus Anda bayarkan kepada prospek untuk mendapatkan perhatian mereka. Pelanggan dengan senang hati berbagi ide-ide dan masukan untuk Anda, maka Anda harus mengimbanginya dengan kreativitas yang berhubungan dengan produk maupun layanan Anda kepada mereka. Jika dalam marketing kreativitas dituangkan pada konten atau materi kampanye, dalam sales Anda harus bisa bergabung dengan mereka dalam membicarakan semua hal tentang produk yang mereka inginkan, masukan terhadap layanan dari perusahaan Anda, produk bahkan diri Anda secara pribadi.

Bagaimana agar bisa mendapatkan perhatian pelanggan?

Strategi perusahaan dengan mengutamakan hubungan dengan pelanggan adalah bagian penting dalam prosesnya. Bagi Anda, mengimplementasikan software CRM merupakan langkah nyata yang diambil sebagai wujud kepedulian Anda terhadap perhatian yang telah diberikan oleh prospek. Bantuan teknologi untuk mengingatkan, mencatat dan mengeksekusi langkah yang harus diambil selanjutnya menjadi awal bagi Anda untuk bisa mendapatkan perhatian dari prospek. CRM dan tindakan yang Anda ambil akan memberi pengaruh besar terhadap kepercayaan dan loyalitas pelanggan-pelanggan Anda di masa depan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com