Return to site

Kunci Keberhasilan Menjalani Karir Sebagai Salesperson

Keberhasilan sales adalah keberhasilan perusahaan!

· Tips Sales

Salah satu kelemahan manusia untuk bisa menjadi seorang sales yang sukses adalah malu untuk menjual. Bahkan tak sedikit orang yang menghindar untuk mengisi posisi ini karena mereka malu kepada teman maupun saudara atau keluarga. Ada juga orang-orang yang menganggap remeh pekerjaan sales dan dianggap tidak memiliki jenjang karir yang jelas.

Buang jauh-jauh rasa gengsi Anda untuk bekerja sebagai sales untuk menjadi sales yang hebat. Karena, mempertahankan rasa malu dan gengsi hanya akan menambah beban Anda dalam bekerja. Ketika Anda terbebani, upaya Anda dalam bekerja untuk mencapai penjualan pun akan lebih sulit. Karena dalam bekerja yang baik, apa pun posisi Anda, di mana pun perusahaan tempat Anda bekerja, beban hanya akan menurunkan produktivitas Anda.

Bagi Anda sales-sales newbie yang ingin bekerja dengan baik dalam mengisi posisi sales, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar memiliki rasa pecaya diri yang lebih untuk meyakinkan prospek.

1. Jadilah diri sendiri dalam bekerja

Jangan pernah melihat kegagalan dan keberhasilan orang lain. Karena apa yang Anda kerjakan tidak ada hubungannya sama sekali dengan hasil mereka. Bahkan Anda juga harus menjauhi orang-orang yang memberikan komentar negatif atas pekerjaan Anda. Yang harus Anda lakukan adalah bagaimana cara Anda untuk bekerja sebaik mungkin agar target penjualan yang diberikan oleh perusahaan dapat Anda capai. Karir Anda saat ini adalah milik Anda sendiri, jadi jangan pernah menjadikan penilaian negatif orang lain lain sebagai tolok ukur kesuksesan maupun kegagalan Anda.

2. Percaya pada produk/layanan yang Anda jual saat ini

Percaya pada diri sendiri dan percaya pada produk/layanan yang Anda miliki merupakan kunci keberhasilan seorang sales. Kepercayaan Anda terhadap produk/layanan akan membawa Anda untuk mempelajari semua hal yang terhubung dengan produk. Ketika Anda mengenal apa yang Anda jual, menawarkan produk pada prospek akan lebih mudah.

3. Semua bisnis membutuhkan salesperson

Ketika ada orang lain yang melihat pekerjaan Anda sebelah mata, katakanlah kepada mereka bahwa Anda menjadi tim inti dalam perusahaan. Keberhasilan perusahaan akan bergantung pada salesperson sebelum masuk pada tim lain. Jadikan kenyataan ini sebagai penyemangat Anda dalam bekerja dan membangun karir Anda sebagai sales menjadi lebih mudah.

4. Penjualan besar pasti akan Anda dapatkan jika mengikuti peran dengan baik

Setiap strategi yang diberikan oleh perusahaan merupakan tugas bagi Anda dan harus bisa menjalankan peran sesuai strategi tersebut. Jika Anda tidak megikuti peran sesuai strategi yang diberikan, mana mungkin Anda dapat mencapai penjualan! Lakukan tugas dan ikutilah peran Anda saat ini dengan baik, maka Anda akan mencapai penjualan besar di masa depan.

5. Menjaga hubungan dengan prospek/pelanggan

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah salah satu penentu kesuksesan seorang sales. Dalam dunia sales yang modern seperti saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan software CRM untuk memudahkan timnya dalam menjaga hubungan dengan pelanggan-pelanggannya. Meskipun perusahaan Anda saat ini belum mengimplementasikan CRM, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk melakukannya sendiri dengan sistem CRM sederhana memanfaatkan spreadsheet.

Itulah 5 hal yang dapat membawa keberhasilan bagi seorang sales yang dapat dilakukan oleh seorang sales pemula. Semoga tips ini bermanfaat untuk membantu Anda para sales-sales baru dalam mencapai penjualan. Ikuti blog kami untuk mendapatkan tips-tips sales, marketing dan mempelajari kinerja CRM untuk bisnis maupun tim sales. Caranya, cukup daftarkan email Anda pada form subscribes di bawah ini. Anda juga dapat menambahkan komentar apabila ada tips-tips untuk pembaca lainnya.

Ilustrasi (c) Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK