Return to site

Manajemen Pengalaman Pelanggan Dengan CRM Di Era New Normal

Cara tradisional untuk mengukur dan mengoptimalkan pengalaman pelanggan sebagian besar terbatas pada analisis data sentimen pelanggan. Wabah/pandemi COVID-19 telah mengubah cara konvensional dalam Customer Experience Management (CXM).

Saat kita beralih ke era new normal, solusi CRM dapat memberikan kerangka kerja manajemen pengalaman pelanggan yang tahan untuk semua kondisi di masa depan dengan memberdayakan tenaga kerja jarak jauh dan membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk mengakses data penting pelanggan. CRM dan alat kolaborasi lainnya dalam mendukung penjualan telah berevolusi sebagai enabler utama yang memungkinkan bisnis untuk benar-benar berfokus pada pelanggan, dengan melayani mereka dengan produk atau layanan yang beresonansi dengan titik masalah mereka di saat krisis pasca pandemi. Anda dapat menggunakan solusi CRM untuk manajemen pengalaman pelanggan baik untuk saat ini maupun di masa depan dan memberikan pelanggan pengalaman yang lebih baik selama new normal dengan diimbangi keyakinan, keberanian, ketekunan, dan fleksibilitas yang kuat.

Dalam jangka panjang dan pendeknya, pemusatan data pelanggan lebih penting daripada era sebelum new normal. Oleh karena itu, memaksimalkan solusi CRM dapat menjadi kerangka kerja manajemen pengalaman pelanggan yang kuat di masa depan. Di blog ini, kami menjelaskan bagaimana solusi CRM bertindak sebagai penyelamat secara menyeluruh untuk memperkuat kerangka kerja manajemen pengalaman pelanggan dan membantu mengoptimalkan pengalaman pelanggan, dan meningkatkan bottom-line bisnis Anda.

1. Solusi CRM menyatukan data pelanggan

Memanfaatkan solusi CRM dapat menjadi kerangka kerja manajemen pengalaman pelanggan yang membuat departemen perusahaan memiliki akses ke data pelanggan. Seluruh anggota tim dapat memproses data secara real-time atau menggunakan titik data dalam beragam cara lain jika diperlukan. Ini membantu dalam memberikan pengalaman tanpa batas kepada pelanggan di berbagai saluran. Dengan CRM, seluruh departemen dapat berkolaborasi saat dan ketika diperlukan karena tidak ada konsep silo dalam manajemen data pelanggan. Semua langkah ini mengarah pada pengalaman pelanggan yang dioptimalkan dan mempromosikan loyalitas pelanggan.

2. Solusi CRM membantu mengelola tim dalam bekerja secara remote/work from home (WFH)

Solusi CRM yang efektif dapat memberikan kemudahan manajemen untuk pengalaman pelanggan yang mendukung peningkatan lingkungan kerja jarak jauh (WFH) untuk semua departemen termasuk penjualan, pemasaran, produksi, teknik, keuangan, dan layanan pelanggan. Di tengah transit ke new normal, work from home (WFH) adalah metode yang dapat dilakukan di masa depan. Tim penjualan di seluruh dunia telah bergerak ke arah peningkatan kemampuan bekerja dengan sistem WFH. Solusi CRM memungkinkan kolaborasi antar-departemen dan menjaga konsep komunitas tenaga kerja tetap utuh. Solusi CRM juga memfasilitasi penyelarasan operasional dengan memusatkan kerja dan meminimalkan tumpang tindih sistem. Karena solusi CRM memungkinkan tim untuk berkolaborasi, anggota tim dapat mendefinisikan dan menyetujui definisi bisnis. CRM juga membantu dalam mengelola izin untuk mengakses informasi penting. Integrasi CRM memberdayakan tim penjualan dengan kemampuan servis sendiri dan integrasi upaya pemasaran guna mendorong .

3. Evolusi solusi CRM dapat diadaptasi untuk tuntutan bisnis yang dinamis

Setiap bisnis berbeda dan tidak ada CRM yang berfungsi untuk semua orang dan bisnis saat ini dan di masa depan. Bisnis yang memilih solusi CRM lebih cenderung memiliki kemampuan untuk mengatasi tuntutan dinamis dari model bisnis mereka, memastikan bahwa mereka mengembangkan ekosistem agar sesuai dengan perubahan dan harapan pelanggan di sekitar mereka. Dengan demikian, implementasi solusi CRM dapat menjadi bukti pengalaman manajemen pelanggan di masa depan, dan tren teknologi saat ini membuktikan bahwa pasar menyambut baik solusi CRM untuk mengatasi beragam tantangan bisnis sembari menjalani proses dari sebelumnya yang beralih ke new normal.

4. Solusi CRM memungkinkan anda untuk memahami pelanggan anda lebih baik

Memanfaatkan solusi CRM yang dapat menjadi manajemen pengalaman pelanggan yang lebih baik, karena Anda memiliki pandangan lengkap tentang pelanggan dan tahapan masing-masing dalam siklus pembelian. Solusi CRM modern memungkinkan Anda dan tim untuk mengakses detail yang lebih akurat tentang pelanggan pada waktu yang tepat. Ketika Anda memahami pelanggan dengan lebih baik, Anda dapat mengatasi titik-titik masalah mereka dengan tepat. Ini membantu dalam mengoptimalkan pengalaman pelanggan dan membantu meningkatkan tujuan pendapatan Anda. Karena komponen interaktif bisnis Anda selalu hidup pada sistem. Saat Anda berkomunikasi dengan pelanggan secara real-time dengan bantuan data, Anda dapat memberikan mereka solusi yang dirancang khusus untuk membawa mereka ke tahap proses berikutnya dari siklus pembelian masing-masing.