Return to site

Manfaat Customer Service Yang Proaktif Untuk Perusahaan

Yang didapatkan dari customer service 

· Tips Sales,Tips Marketing

Pelanggan akan selalu merasa ingin diperhatikan oleh perusahaan. Mereka ingin dijadikan pelanggan yang paling penting meskipun mereka bukanlah pelanggan pertama dan satu-satunya. Itulah alasan mengapa perusahaan yang memiliki customer service yang proaktif dan mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh pelanggan akan memiliki lebih banyak pelanggan loyal.

 

Loyalitas pelanggan akan selalu bergantung pada customer service yang mampu melayani pelanggan dengan baik. Pelanggan akan merelakan waktunya untuk berkendara lebih dari 20 menit hanya untuk makan di restoran favorit mereka. Begitu juga untuk pelanggan-pelanggan bisnis lain. Ketika Anda memberikan layanan yang prima kepada pelanggan, ia juga akan rela memberikan uangnya untuk membeli produk Anda secara berulang-ulang.

 

Selain memberikan efek loyalitas pada pelanggan, berikut adalah manfaat-manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan karena customer service yang proaktif.

 

1. Karyawan lebih senang dan bahagia

Suasana kantor yang tidak nyaman, pasti akan membuat karyawan jenuh ketika berada di kantor. Tetapi, bagi mereka yang memiliki hubungan dengan pelanggan seperti technical, customer support dan juga customer service yang melayani pelanggan via telepon, chatting dan social media akan memiliki kebahagian tersendiri ketika berhasil membantu mengatasi masalah yang dialami oleh pelanggan.

 

Selain itu, komunikasi dengan pelanggan juga memberikan waktu lebih untuk karyawan berinteraksi dengan orang-orang baru setiap harinya. Bahkan, bagi customer service yang berhasil memecahkan masalah yang dihadapi pelanggan akan membawa efek yang berkesan.

 

2. Ulasan & tanggapan yang lebih positif

Pelanggan yang puas dengan layanan dan juga produk yang Anda berikan akan cenderung memberikan komentar positif tentang perusahaan di mana pun ia berada. Bukan hanya karena berhasil memecahkan masalah yang dihadapi oleh pelanggan tetapi interaksi positif yang Anda lakukan selama berkomunikasi dengan pelanggan juga akan mendapatkan nilai positif dari mereka.

 

3. Pelanggan berusaha memecahkan masalah sendiri

Ketika Anda berhasil menjaga layanan pelanggan Anda dengan optimal, pelanggan Anda mencari solusi untuk dirinya sendiri selama itu masih memungkinkan. Pelanggan akan mencari informasi untuk mencari solusi tanpa harus bertanya melalui internet atau dengan mengunjungi website Anda. Contoh, ketika pelanggan mengalami kesulitan untuk melakukan pembelian, awalnya pelanggan akan bertanya dengan menghubungi call center perusahaan. Setelah mendapatkan informasi dari staff perusahaan, pelanggan tidak akan bertanya kembali bagaimana cara melakukan pembelian.

 

Itulah hal-hal yang akan didapatkan oleh perusahaan dengan customer service yang proaktif. Selain itu, customer service yang baik dapat meningkatkan penjualan Anda.

Ilustrasi (c) Pixabay.com