Return to site

Manfaat Dari Teknologi Sales Untuk Perusahaan

Bagaimana tim sales bekerja lebih baik dengan teknologi

· Tips Sales

Menggunakan teknologi dalam penjualan memiliki manfaat-manfaat yang tak terduga dari apa yang dipikirkan sebelumnya. Seperti dalam penggunaan CRM, sebagian hanya mengetahui bahwa CRM adalah untuk menyimpan data-data pelanggan maupun prospek. Tetapi, di balik manfaat tersebut, ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan oleh perusahaan khususnya oleh tim sales.

 

1. Membantu perusahaan dan tim sales mengembangkan hal lain dalam bisnis

Banyak pelaku bisnis dan sales yang tidak sadar bahwa ada banyak waktu yang telah dihabiskan oleh tim marketing dan sales dengan sia-sia karena perusahaan menerapkan cara tradisional. Sebagai contoh, untuk mengerjakan laporan, tim sales atau marketing harus menunggu sales/marketing satu dan lainnya selesai. Dengan teknologi CRM laopran tim dapat dilakukan secara real-time dan tim dapat memikirkan hal-hal lain yang seharusnya digunakan untuk mengisi laporan di kantor.

 

2. Membangun budaya positif untuk tim sales dan marketing

Dengan teknologi CRM, tim sales dan tim marketing dapat berkolaborasi dengan mudah untuk mengembangkan dukungan dalam penjualan dan pemasaran bersama-sama. Ini menjadi cara terbaik untuk mengumpulkan sumber daya perusahaan dan membuat tim bekerja dengan tujuan yang sama. Dengan data yang sama, tim dapat bekerja secara efektif dan memahami pekerjaan sesuai dengan lingkup bisnis perusahaan dengan pandangan yang lebih luas. Ketika tim sales dan marketing dapat bekerja sama dengan baik, budaya positif dari kedua tim ini dapat menjadi contoh untuk departemen-departemen lainnya.

 

3. Mengidentifikasi kesenjangan dan pengalaman pelanggan

Dengan otomasi yang terdapat dalam fitur aplikasi CRM, tim sales dan tim marketing dapat melihat bagaimana kesenjangan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Sebagai contoh, potensi adanya perbedaan pelayanan antara pelanggan baru dan lama serta aspek-aspek lainnya yang dapat merugikan perusahaan di kemudian hari.

 

Selain masalah kesenjangan, kehadiran teknologi CRM juga dapat meningkatkan pengalaman positif untuk pelanggan. Karena, tim marketing dan sales dapat memberikan pelayanan yang lebih baik melalui hubungan dengan pelanggan. Tak hanya itu saja, dengan CRM, tim dapat melacak masalah mana saja yang harus segera diselesaikan agar perusahaan dapat memberikan layanan dan menciptakan produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com