Return to site

Manfaat Implementasi CRM Untuk Klinik, Rumah Sakit & Healthcare Industry

· CRM Software

Meskipun penting bagi klinik dan rumah sakit modern untuk berinvestasi dalam peralatan medis dan staf terlatih, namun juga penting bagi klinik/rumah sakit untuk menjaga data dan rekam medis pasien pada sistem. Berinvestasi pada sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) memungkinkan Anda melayani pasien dengan lebih baik, membangun hubungan jangka panjang dengan mereka, melindungi data mereka, dan mencegah kesalahan.

CRM memberi Anda kemampuan untuk memantau setiap pasien (karena pasien adalah pelanggan) pada tingkat mikro dan makro. Di tingkat mikro, CRM dapat memberi Anda garis waktu kesehatan pasien Anda. Pada tingkat makro, ini dapat memberi Anda kemampuan untuk menarik data tentang siapa pasien Anda secara keseluruhan, yang dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik tentang praktik klinik/rumah sakit.

Apa itu CRM untuk Klinik/Rumah Sakit?

Dalam klinik/rumah sakit, sistem CRM memungkinkan Anda mengelola pasien dan informasi kesehatan mereka secara efisien. Mirip dengan sistem CRM untuk penjualan, ada modul standar pada sistem CRM untuk klinik/rumah sakit.

1. Modul komunikasi

Modul ini membantu menjadwalkan, memulai, dan memantau interaksi antara rumah sakit atau klinik dengan pasien. Anda juga memiliki opsi untuk menjadwalkan dan mengonfirmasi janji, serta mengatur pengingat.

2. Modul manajemen tugas

Memungkinkan staf Anda untuk menambahkan tugas, menetapkan tugas tersebut, melihat dan memperbarui tugas, dan memantau kemajuan setiap tugas hingga selesai.

3. Modul Laporan

Memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dan menghasilkan banyak laporan, seperti laporan ROI kampanye atau jumlah rata-rata laporan pasien yang tidak datang.

4. Modul manajemen pasien

Memungkinkan perawat dan staf klinik/rumah sakit untuk menambah dan memperbarui catatan pasien, menyegmentasikan pasien sesuai dengan kondisi mereka dan berinteraksi serta berkomunikasi secara efektif dengan pasien.

Manfaat menggunakan CRM untuk klinik/rumah sakit.

Meskipun ada banyak manfaat dalam menggunakan CRM untuk klinik/rumah sakit, berikut adalah beberapa alasan utama yang harus Anda ketahui.

1. Meningkatkan proses penagihan Anda

Sistem CRM dapat meningkatkan proses penagihan Anda. Anda dapat menggunakan perangkat lunak untuk mengumpulkan dan memperbarui detail pembayaran pasien. Menggunakan CRM memudahkan usaha untuk melacak transaksi dan menagih pasien. Banyak sistem CRM memiliki alat analitik yang memberikan informasi secara reak-time yang terhubung ke dalam sistem pemrosesan pembayaran. Anda dapat menggunakan CRM Anda untuk memantau tagihan yang belum dibayarkan dan mengirim pengingat kepada pasien untuk melakukan pembayaran tepat waktu.

2. Membantu dalam program penjangkauan pasien Anda

Dengan sistem CRM, Anda dapat menyegmentasikan pasien Anda ke dalam kelompok sasaran yang berbeda dan mengirimkan materi pemasaran dan informasi medis yang relevan kepada mereka. Ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan pasien Anda di antara kunjungan mereka, yang mempromosikan hasil yang lebih sehat. Anda dapat mengirim pengingat janji temu kepada pasien Anda atau mengirimkan informasi kesehatan dan kebugaran secara umum.

3. Mengotomatiskan dan meningkatkan alur kerja Anda

Ketika Anda memiliki sistem CRM di fasilitas Anda, sistem dapat melakukan otomatisasi alur kerja seperti rujukan pasien dan resep. Tim Anda lebih banyak menghemat waktu dan sumber daya, dan mereka memberikan layanan yang lebih andal kepada pasien. Sistem CRM juga membantu mengurangi kesulitan pada pasien.

4. Meningkatkan pengalaman pasien

Jika fasilitas Anda tidak dapat memuaskan pasien yang ada dengan tingkat perawatan dan layanannya, sulit untuk mempertahankan mereka dan menarik pasien baru. Sistem CRM membantu meningkatkan komunikasi antara pasien dan staf Anda. Ini memberikan informasi medis yang sesuai kepada pasien dan mengurangi waktu tunggu yang semuanya berkontribusi pada pengalaman pasien yang positif.

5. Sistem CRM meningkatkan keamanan data

Pelanggaran data dalam industri klinik/rumah sakit meningkat, dan Anda perlu melindungi informasi pasien dengan segala cara yang tersedia. Dengan sistem CRM, Anda dapat mengatur kontrol akses sehingga hanya mereka yang berwenang yang dapat mengakses informasi pasien. Selain itu, CRM berbasis cloud meningkatkan keamanan karena pemulihan data dimungkinkan setelah terjadi serangan siber atau bencana alam.

Ilustrasi (c) Unsplash.com