Return to site

Manfaat Melacak Riwayat Pembelian Pelanggan

Keuntungan jika Anda mengimplementasikan CRM untuk pelacakan

· CRM Di Indonesia,CRM di Jakarta

Kami sering mengatakan kepada Anda untuk melacak semua riwayat tentang pelanggan dengan menggunakan Customer Relationship Management (CRM). Pelacakan terpenting adalah saat pelanggan melakukan pembelian dan komplain. Karena ini menjadi dua faktor yang dapat memberi efek paling besar untuk keberhasilan penjualan ulang Anda untuk mereka. Tak hanya itu saja, ada banyak alasan mengapa Anda harus melacak riwayat pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Apa saja, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui!

1. Memberi Anda pemahaman dan alasan pembelian mereka

Sebagai seorang sales, tidak cukup hanya dengan melihat produk mengalami tingkat penjualan yang membaik. Tetapi, sales wajib mengetahui alasan mengapa pelanggan yakin dengan produk tersebut dan mengapa ia berani memilih produk Anda dan bukan dari kompetitor Anda. Dengan implementasi CRM dengan benar, Anda dapat memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang keunggulan kompetitif Anda dan cara memanfaatkannya.

2. Mengetahui frekuensi dan saluran tertinggi yang menciptakan penjualan

Tanpa riwayat, Anda tidak akan pernah mengetahui bagaimana pola pelanggan yang datang untuk melakukan pembelian. Apakah pelanggan membeli secara langsung, via web, referral dan sebagainya. Tanpa data ini Anda akan sulit menentukan fokus marketing yang tepat untuk menunjang penjualan. Contoh, jika Anda berhasil melakukan penjualan dari pelanggan luar negeri via website lebih tinggi dibandingkan marketing media lainnya, Anda dapat memaksimalkan strategi marketing Anda melalui website. Ini merupakan contoh sederhana yang perlu Anda perhatikan untuk menarik kembali pelanggan-pelanggan baru di masa yang akan datang.

3. Mengetahui perusahaan tetap berada pada jalur untuk memprioritaskan pelanggan

Tanpa data, sales bisa saja lupa untuk menghubungi pelanggan-pelanggan lama yang sebenarnya sudah membutuhkan produk perusahaan. Tanpa aplikasi yang menampung data pelanggan dan kinerja sales, perusahaan tidak akan pernah mengetahui apakah perusahaan dan tim masih berada pada jalur customer oriented atau sudah keluar jalur menjadi sales oriented.

Dengan implementasi aplikasi CRM, perusahaan dapat terus memantau bagaimana tim sales dan marketing bekerja. Jika ada hal yang membuat tim keluar jalur menjadi fokus pada penjualan tanpa memperhatikan pelanggan, artinya leader harus segera berbenah agar perusahaan tidak kehilangan pelanggan.

Itulah 3 manfaat utama mengapa melacak pelanggan itu penting. Jika Anda ingin memiliki aplikasi CRM untuk kemudahan pelacakan pelanggan, silakan hubungi kami melalui email hi@sales1crm.com atau dengan mengunjungi halaman contact us.

Ilustrasi (c) Unsplash.com