Return to site

Evaluasi Hasil Tahun 2017, Mulai Merencanakan 2018

Menghadapi 2018 dengan penuh keyakinan

· Tips Sales,Tips Marketing

Tahun 2017 telah lewat, saatnya Anda mulai membangun kembali kerajaan bisnis Anda pada tahun 2018 ini. Apa yang menjadi akar masalah pada tahun 2017 harus segera Anda tangani saat ini juga agar hal negatif tidak terjadi lagi pada bisnis Anda. Mengevaluasi hasil kerja tahun lalu adalah kunci keberhasilan Anda pada tahun ini. Membuat perencanaan yang matang menjadi pendorong untuk mencapai hasil yang lebih baik. Untuk itu, kami akan memberikan tips untuk Anda apa saja yang harus dievaluasi dan diperbaiki pada tahun 2018 ini.

1. Apa yang dipikirkan oleh pelanggan

Anda boleh saja memiliki produk terlaris sepanjang 2017. Tetapi jika Anda hanya memikirkan produk, lambat laun pelanggan Anda akan malas untuk menggunakan produk Anda. Oleh karena itu, selain Anda menciptakan produk yang dapat diterima oleh pelanggan, Anda wajib memikirkan apa yang ada dalam pikiran pelanggan. Contoh, pembaruan seperti apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, layanan seperti apa yang diinginkan oleh pelanggan dan lain sebagainya. Cari tahu kebutuhan pelanggan dengan meminta umpan balik dari pelanggan terkait tingkat kepuasan dan produk Anda selama tahun 2017 lalu.

2. Apa yang dipikirkan oleh tim Anda

Jangan hanya karena Anda fokus pada pelanggan, Anda melupakan orang-orang yang bekerja keras dalam perusahaan Anda. Seperti halnya pada pelanggan, mintalah umpan balik dari tim Anda untuk mewujudkan lingkungan kerja yang nyaman untuk mereka serta mencari tahu masalah-masalah umum yang mereka hadapi selama tahun 2017.

3. Mengidentifikasi ulang pasar Anda

Coba perhatikan ulang target pasar yang belum Anda capai pada tahun 2017. Jika memang memungkinkan untuk Anda kuasai pada tahun 2018 ini, silakan Anda pikirkan strategi baru. Jika tidak memungkinkan lagi, ada baiknya fokus pada target pasar baru yang lebih memiliki potensi untuk peningkatan penjualan Anda di tahun ini.

4. Mulai ulang visi, misi dan target Anda

Apa yang menjadi visi, misi dan target Anda tahun lalu harus Anda, ulangi dari awal. Jika target Anda tahun lalu tercapai 80%, bukan berarti tahun ini Anda harus melengkapi menjadi 100%. Tetapi Anda harus kembali pada target 0% setiap awal tahun.

Ilustrasi (c) Maxpixel.fregreatpicture.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK