Return to site

Tips Sales: Hubungan Sebelum Menciptakan Nilai

Kehilangan nilai adalah penyebab hilangnya pelanggan

· Tips Sales

Ada banyak rencana penjualan yang dibuat oleh tim sales setiap tahunnya untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan. Semua perusahaan memiliki rencana beda-beda, karena yang penting bagi mereka adalah bagaimana bisa menjual dan bagaimana mempertahankan pelanggan yang sudah dimiliki.

Terlepas dari semua strategi yang dibuat oleh perusahaan, ada satu hal yang harus diutamakan yakni nilai. Tetapi, sebeum Anda benar-benar memahami tentang nilai Anda harus membangun hubungan terlebih dahulu dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Tanpa hubungan, Anda tidak akan mendapatkan nilai dari calon pelanggan Anda. Begitu juga dengan produk, Anda adalah perantara antara produk dan pelanggan. Yang artinya tugas Anda lah membangun hubungan antara masalah yang dialami oleh calon pelanggan dengan produk Anda.

Tak hanya dalam urusan penjualan, urusan pekerjaan pun Anda harus membangun hubungan terlebih dahulu sebelum mendapatkan nilai dari orang-orang ditempat kerja Anda. Bagaimana cara orang lain menilai Anda jika mereka tidak pernah mengenal Anda? Kesalahpahaman, itu yang akan Anda alami. Mereka salah menilai semua yang Anda lakukan. Tetapi, dengan hubungan, mereka akan mulai mengenali siapa Anda, apa yang Anda kerjakan, apa yang Anda hasilkan dan seberapa pantas Anda untuk dianggap sebagai contoh positif dalam perusahaan.

Kehilangan prospek maupun pelanggan adalah karena Anda telah kehilangan nilai dari mereka. Nilai tersebut bisa dari produk, nilai kepercayaan untuk perusahaan atau bahkan kehilangan nilai dari diri Anda sendiri. Tidak ada hal yang lebih pasti untuk menghasilkan penjualan daripada sebuah nilai.

Begitu juga dengan hasil penjualan yang tidak akan berhasil tanpa adanya kekuatan hubungan dan nilai. Segala sesuatu yang akan Anda lakukan adalah bentuk pelayanan suatu hubungan. Kepedulian yang Anda berikan kepada pelanggan dapat menjaga orang-orang yang ingin masuk ke dalam perusahaan Anda.

Mulai perbaiki hubungan Anda dengan pelanggan, ciptakan nilai yang baik untuk mereka agar penjualan Anda lebih masuk akal dan dapat mencapai target sesuai harapan. Kehilangan hubungan artinya kehilangan nilai dan juga kehilangan pelanggan. Keputusan berada di tangan Anda, memilih fokus untuk menjual atau mulai membangun hubungan untuk menciptakan nilai.

Ilustrasi (c) Unsplash.com