Return to site

Manfaat Ulasan Negatif Untuk Membantu Bisnis Anda

· Tips Bisnis

Mendapatkan ulasan negatif bukanlah hal yang buruk, namun dengan ulasan negatif ini Anda dapat memaksimalkan kualitas biasnis Anda di masa depan. Pada dasarnya, ulasan negatif yang didapat oleh perusahaan maupun tim sales bukanlah untuk dihindari. Namun, ulasan negatif haruslah dijadikan sebagai motivasi untuk memperbaiki diri dan tim secara keseluruhan. Karena ulasan ini memberikan kontribusi penting terhadap kelangsungan bisnis di masa depan agar dapat menjaga kualitas dengan baik. Selain itu, berikut adalah beberapa hal yang didapat dari ulasan negatif.

1. Ulasan negatif bukan tentang masalah personal

Kritikan dan ulasan negatif yang diberikan oleh pelanggan dan haters bukanlah masalah personal. Anda tidak perlu menghadapi ulasan tersebut sebagai masalah pribadi yang harus diselesaikan secara individual. Tetapi, ini perlu Anda jadikan sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap bisnis Anda. Pasalnya, ketika Anda mendapatkan ulasan negatif itu menandakan ada celah pada bisnis dan kemampuan menjual yang Anda miliki. Bagaimana agar ulasan membantu bisnis Anda adalah dengan tetap menjadikan ulasan negatif sebagai masukan berharga yang harus selalu Anda maksimalkan.

2. Jadikan ulasan negatif untuk memperbaiki tim Anda

Ulasan negatif yang didapat dari pelanggan merupakan salah satu hal yang dapat dijadikan kesempatan dalam mengulas kembali pekerjaan tim. Ini tidak terbatas pada tim sales, namun juga harus dilakukan pada semua tim di dalam perusahaan. Namun, yang harus Anda ingat adalah pastikan bahwa apa yang Anda lakukan kepada tim adalah hal yang relevan bukan untuk dijadikan sebagai alat pelampiasan atas ulasan negatif yang didapat. Jadikan hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan dan memperbaiki bukan dijadikan alat untuk saling menyalahkan.

3. Meningkatkan kualitas

Ingat, ulasan negatif adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki semua hal yang berkaitan dengan bisnis Anda. Mulai dari meningkatkan kualitas perusahaan, meningkatkan kualitas bisnis, meningkatkan kualitas layanan dan produk serta hal-hal lainnya yang dapat menjadikan bisnis Anda menjadi lebih baik dan dipercaya kembali oleh pelanggan tersebut. Ketika Anda berhasil membawa pelanggan yang memberikan ulasan negatif ke arah sebaliknya, maka Anda telah berhasil menambah satu pelanggan yang berpotensi menjadi pelanggan loyal.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK