Return to site

Masalah Keamanan Smart City Yang Masih Diragukan

Keamanan smart city di Indonesia

· Smart City Indonesia,Smart city

Smart City merupakan proyek pengembangan kota yang menggunakan perangkat lunak (software) untuk mengumpulkan data dan juga implementasi Internet of Things (IoT) yang berfungsi sebagai fasilitas untuk merampingkan berbagai aspek kehidupan kota berbekal teknologi. Namun, ketika suatu proyek bersinggungan dengan software dan internet, tentu yang menjadi masalah adalah keamanan data.

Karena, sifat dari Smart City memiliki ketergantungan terhadap data dan penggunaan data secara berulang-ulang, maka keamanan data harus benar-benar mendapat perhatian penuh dari para pengembang. Hal ini tidak lepas dari adanya ancaman secara fisik yang akan dirasakan oleh masyarakat dari tindak kejehatan siber. Sebagai contoh, ketika salah satu software yang menjadi alat untuk mengontrol lalu lintas dan terhubung dengan IoT diretas, bukan tidak mungkin akan membuat aktivitas di jalan raya menjadi tidak teratur dan menyebabkan para pengguna jalan raya mengalami kecelakaan.

Memang, hal ini terkesan sangat mengerikan jika dipikirkan dari sisi negatifnya saja. Beruntungnya, banyak perusahaan keamanan data yang saat ini tengah mengembangkan metode-metode keamanan untuk menjamin semua perangkat maupun jaringan virtual tetap aman dari bahaya para penjahat siber.

Para pengembang dan perusahaan keamanan internet dan jaringan maupun perusahaan keamanan perangkat dan aplikasi ini mengembangkan keamanan-keamanan untuk menghindari upaya peretas yang ingin menyusup kedalam server maupun jaringan. Tak hanya pengembangan untuk risiko serangan kecil saja, para ahli teknologi juga mengembangkan metode-metode program untuk melawan serangan berat seperti ransomware.

Dengan pengembangan-pengembangan ini, para pengguna diharapkan untuk tetap percaya bahwa keamanan data pada aplikasi IoT maupun pada data aplikasi yang terintegrasi dengan sistem Smart City tetap dalam kondisi yang aman.

Yang menjadi masalah utama saat ini, khususnya di Indonesia adalah mampukan pemerintah, perusahaan dan masyarakat tetap mendukung program Smart City di negaranya? Karena, peran serta dari masyarakat yang menjadi pengguna juga sangat penting agar sistem tetap aman dari berbagai macam ancaman dari hasil browsing melalui jaringan perangkat masing-masing pengguna.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK