Return to site

Tips Untuk Menciptakan Perencanaan Bisnis Jangka Panjang

Strategi impresif untuk bisnis Anda di masa depan

· Tips Sales

Perencanaan bisnis jangka panjang merupakan perencanaan dasar untuk pengembangan bisnis di masa depan. Dikarenakan ini merupakan perencanaan jangka panjang, maka Anda harus memahami apa saja yang harus Anda fokuskan setiap tahunnya untuk kemudian Anda konversi menjadi perencanaan jangka pendek maupun perencanaan yang harus Anda capai selama satu tahun yang berjalan.

Keberhasilan perencanaan bisnis jangka panjang yang Anda ciptakan bergantung pada seberapa serius fokus Anda untuk mencapainya. Selain keseriusan, strategi yang Anda pilih pun harus sesuai dengan apa yang menjadi target Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan perencanaan bisnis (business plan) jangka panjang perusahaan Anda.

1. Target tahunan yang terkoneksi

Kita tahu, bahwa perencanaan dapat berakhir pada kegagalan atau tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, ciptakanlah target jangka panjang yang terkoneksi secara berurutan. Sebagai contoh, jika tahun depan Anda fokus untuk pemasaran digital, maka Anda harus mengembangkan target selanjutnya pada bagian-bagian penting dalam pemasaran digital. Seperti, pemasaran media sosial dan lain sebagainya. Boleh Anda membuat perencanaan yang tidak terkoneksi, namun, pastikan bahwa target tersebut memang memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda untuk pertumbuhan bisnis Anda.

2. Rincian perencanaan yang jelas sebagai fondasi strategi

Jangan membuat perencanaan jangka panjang yang hanya berisikan title target perencanaan Anda. Namun, Anda tidak memberikan perincian apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai target perencanaan tersebut. Memang, dikarenakan ini merupakan target jangka panjang Anda bisa menunda-nunda untuk menciptakan strategi yang baik. Sayangnya, menunda hanya akan membuat Anda kehilangan momentum untuk menciptakan strategi yang tepat di saat Anda sedang fokus menciptakan perencanaan.

3. Realistis

Jangan pernah membuat perencanaan bisnis yang tidak sesuai dengan kemampuan Anda dan tim. Tetap menjaga realitas target yang akan Anda capai. Jika Anda membuat perencanaan yang tidak masuk akal, bagaimana mungkin perencanaan tersebut dapat Anda capai?

Kesimpulan:

Perencanaan jangka panjang bukan hanya perencanaan dalam satu atau dua tahun. Tetapi, perencanaan jangka panjang merupakan perencanaan untuk beberapa tahun yang harus Anda capai. Dalam membuat perencanaan jangka panjang, Anda juga harus memberikan rincian penting untuk bisnis Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK