Return to site

Memaksimalkan Tim Dalam Bekerja Secara Remote Dengan CRM

· Tips Sales

Dengan penggunaan sistem digital yang tepat, tentunya semua perusahaan dapat melakukan pekerjaan jarak jauh (remote system) untuk timnya dengan lebih efektif dan tidak menurunkan produktivitasnya. Salah satu sistem yang dapat Anda gunakan untuk remote system untuk tim Anda adalah dengan menggunakan Customer Relationship Management (CRM). Memanfaatkan CRM secara maksimal akan membantu perusahaan Anda berjalan dengan lancar dan efisien, baik di kantor maupun bekerja jarak jauh.

Dengan CRM, Anda akan dapat memvisualisasikan data, mengelompokkan, menilai, dan menetapkannya kepada orang yang tepat untuk digunakan pada waktu yang tepat. Mengintegrasikan beberapa platform dan menjadikan CRM sebagai sistem terpusat untuk mengotomatiskan tugas administratif yang dilakukan orang sebanyak mungkin. CRM membuat tim Anda bekerja lebih mudah karena dapat mengurangi sebagian besar tugas administratif yang dapat membuang banyak waktu yang dimiliki oleh tim Anda.

Memilih CRM yang Tepat untuk Anda

Langkah pertama untuk pemberdayaan produktivitas (terutama untuk pekerjaan remote) adalah memilih perangkat lunak CRM yang tepat untuk Anda dan tim Anda. Saat mencari CRM yang tepat, penting untuk menemukan jawaban dari:

1. CRM mana yang akan membantu Anda mengelola pelanggan dan menyederhanakan komunikasi dengan mereka?

2. Akankah sistem CRM dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem dan menciptakan efisiensi yang lebih besar untuk departemen dan tim Anda?

Perlu Anda ketahui pula, ketika Anda menggunakan sistem CRM, maka sistem tersebut harus mengoptimalkan bisnis Anda dan setidaknya memiliki fitur-fitur penting dalam membantu manajemen pelanggan dan tim secara internal berikut:

  • Kemampuan untuk mengumpulkan data untuk memprioritaskan pengambilan keputusan.

  • Memungkinkan komunikasi yang lebih baik antara departemen, karyawan, vendor, dan pelanggan untuk kebutuhan dalam follow up, pengingat, dan templat email.

  • Memudahkan anggota tim secara individu untuk memantau kemajuannya sehingga mereka dapat mengukur seberapa baik mereka dalam bekerja untuk memenuhi target yang diberikan oleh perusahaan.

  • Pembaruan data prospek yang dapat disimpan secara otomatis dan kemudahan bagi tim sales untuk memproses lead atau prospek ke proses selanjutnya dengan mengedepankan kualitas bukan lagi kuantitas.

  • Sistem CRM harus memiliki fitur yang membantu perusahaan Anda meningkatkan hubungan pelanggan.

Banyak perangkat lunak CRM menawarkan kemampuan untuk menganalisis data dan memudahkan pembuatan laporan untuk perusahaan dan kliennya. Laporan ini dapat digunakan untuk menginformasikan kepada tim bagaimana kinerja perusahaan dan apa yang perlu dilakukan. Sedangkan bagi pelanggan, pelaporan dapat menunjukkan kepada mereka bagaimana penggunaan layanan Anda dan dapat bermanfaat bagi mereka.

Sistem CRM dari Sales1 merupakan sistem yang dapat memenuhi semua poin yang disebutkan pada poin-poin di atas yang dapat Anda maksimalkan untuk tim yang bekerja secara remote. Seperti yang kita ketahui, Anda pasti akan sering mengirim tim sales atau tim marketing ke luar kota dalam beberapa hari, penggunaan sistem CRM tentu akan sangat membantu Anda dalam memantau kinerja mereka selama tidak di kantor atau ketika ada kendala lain yang membuat tim Anda tidak bisa bekerja dari kantor.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK