Return to site

4 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Anda Yang Ingin Mulai Menjalankan Bisnis Online 2021

· Tips Bisnis

Bisnis online hadir dengan serangkaian tantangan berbeda yang harus dihadapi oleh pelaku bisnis, tim leader dan sales maupun marketing. Dalam dunia digital saat ini, bisnis online menghadapi persaingan yang ketat. Jika Anda ingin mulai memanfaatkan internet dan membuat bisnis online yang dapat diperhatikan oleh pengguna internet (netizen) yang akan menjadi pelanggan Anda, berikut adalah tips untuk membantu Anda melakukannya.

1. Optimalkan keberadaan web Anda

Memiliki website seharusnya sudah bukanlagi masalah di tahun 2020, mengingat banyaknya penyedia website instan yang tersedia. Ketika Anda sudah memantapkan diri untuk Go Online di tahun 2021, akhir tahun 2020 ini menjadi waktu yang tepat untuk pengembangan website Anda. Mulailah dari platform yang bisa Anda gunakan dengan mudah, jika ada perkembangan, itu artinya Anda sudah bisa mulai menyusun strategi baru dan juga mulai mempertimbangkan untuk pengembangan website secara independen

2. Investasikan sebagian alokasi marketing Anda pada digital marketing

Menyebarkan berita ke khalayak luas tidak akan mungkin dilakukan tanpa berinvestasi dalam digital marketing. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mencapai hal ini.

  • Pertama, Anda memerlukan wawasan tentang di mana audiens Anda beraktivitas secara online sehingga Anda dapat menargetkan mereka dengan lebih efektif.

  • Kedua, Anda harus memiliki alat yang dapat membantu mempersonalisasikan audiens Anda. Karena dengan cara ini akan memungkinkan pengembangan strategi digital marketing yang lebih optimal yang konsisten untuk menghasilkan penjualan.

  • Ketiga, Tingkat fleksibilitas yang tinggi akan dibutuhkan untuk mengimbangi perkembangan pasar, jadi pastikan untuk selalu mengikuti tren terbaru dan preferensi pelanggan Anda yang berubah.

3. Kumpulkan umpan balik pelanggan

Untuk benar-benar memahami dampak pada pengalaman pelanggan dan tingkat kepuasan pada produk atau layanan Anda, Anda perlu mengumpulkan umpan balik dari pelanggan Anda. Memproses bagaimana pelanggan Anda berhubungan dengan bisnis Anda akan membantu Anda beradaptasi dan membuat perubahan sebelum penjualan turun atau klien menjadi tidak puas. Lakukan survei dan kelompok fokus serta upaya lain untuk mendapatkan wawasan berkelanjutan. Anda dapat menemukan hal-hal seperti masalah dalam proses transaksi, saran untuk peningkatan produk atau produk baru Anda, masalah dengan layanan pelanggan atau celah dalam bisnis.

4. Berikan dukungan pelanggan yang andal

Mengembangkan hubungan dengan pelanggan akan menjadi kunci dalam membuktikan bahwa bisnis Anda berfokus pada upaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan membuat mereka datang kembali untuk melakukan pembelian atau retensi. Customer Relationship Management (CRM) Sales 1 adalah salah satu alat yang dapat membantu Anda memberikan dukungan pelanggan yang baik. Alat-alat ini memungkinkan Anda untuk menghindari semua waktu dan upaya yang datang dengan mencoba untuk terus terlibat dengan pelanggan. Penggunaan CRM dapat menghemat waktu dan memungkinkan Anda fokus pada tugas lain. Selain itu, pelanggan Anda akan memiliki pengalaman layanan yang positif dan lebih cenderung menjadi pelanggan yang loyal. Seperti yang sudah Anda ketahui, usaha untuk mendapatkan pelanggan baru jauh lebih mahal daripada mempertahankan yang sudah ada, jadi fokus pada dukungan pelanggan sangat penting bagi Anda. Platform CRM ini, selain dapat membantu Anda untuk memberikan dukungan pelanggan yang Andal, Anda juga dapat memenuhi usaha Anda dalam mengumpulkan data feedback dari pelanggan yang pada akhirnya Anda tidak perlu menggunakan banyak platform untuk poin #3 dan poin #4 ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK