Return to site

Perbaiki Reputasi Bisnis Anda Dengan 3 Hal Ini!

· Tips Bisnis

Pengembangan bisnis dan kepercayaan pelanggan tentu harus menjadi opsi utama untuk Anda jadikan target bisnis. Dengan ini Anda akan lebih mudah mencapai hasil maksimal dalam proses penjualan. Khusunya perihal kepercayaan pelanggan, ini akan benar-benar berpengaruh dalam pengembangan bisnis Anda. Dari kepercayaan ini akan muncul reputasi yang baik untuk bisnis, produk dan layanan Anda yang semua ini adalah pendorong utama dalam pertumbuhan. Bayangkan ketika Anda melihat suatu brand mobil mewah, apa yang Anda pikirkan? Bagus, berkualitas, mahal atau hal lainnya? Inilah reputasi yang Anda berikan kepada mobil mewah tersebut. Hal serupa juga bisa Anda dapatkan untuk merek dan produk Anda. Dengan cara meningkatkan reputasi merek dan bisnis Anda di mata pelanggan.

Reputasi Anda dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk channel marketing utama seperti sosial media, TV, online portal dan email. Kali ini, Sales1 akan memberikan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda bisa membangun reputasi positif terkait merek Anda.

1. Tunjukkan Nilai Dari Merek, Produk dan Layanan Yang Anda Miliki

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan reputasi Anda adalah menunjukkan nilai Anda. Banyak perusahaan berbicara tentang apa yang mereka lakukan yang membuat mereka terlihat hebat dan strategi itu berhasil dalam beberapa kasus. Namun, Anda dapat melihat pertumbuhan bisnis yang eksponensial dengan menunjukkan kepada pengunjung nilai yang benar-benar Anda miliki dan bukan hanya sebatas “gimmick” untuk mendapatkan kepercayaan sesaat namum kepercayaan yang tak terhingga.

2. Berinteraksi dengan Pelanggan, Prospek dan Lead Yang Anda Miliki

Jika Anda tidak terlibat secara aktif dengan pelanggan maupun calon pelanggan setiap hari, Anda kehilangan peluang besar untuk membangun reputasi Anda. Konsumen mengharapkan perusahaan untuk terlibat dengan mereka di media sosial, email, dan di channel lainnya. Untuk memaksimalkan proses interaksi ini, Anda dapat dengan mudah meningkatkan keterlibatan perusahaan dengan prospek/pelanggan di semua platform pemasaran.

Pemasaran email adalah platform pemasaran yang sering digunakan oleh perusahaan. Namun, dalam proses pemasaran ini pelanggan berharap untuk dilibatkan. Maka dari itu, saat Anda mengirim email sebagai bagian dari rangkaian strategi pemasaran, berikan tanggapan yang lebih manusiawi kepada mereka berdasarkan apa yang telah mereka kirim.

3. Tingkatkan Layanan Pelanggan (customer service/customer support)

Tim layanan dan dukungan pelanggan Anda sangat penting untuk meningkatkan reputasi Anda. Jika seseorang memiliki pertanyaan atau masalah, tim CS harus bisa membantu mereka sebaik mungkin. Ingat, pelanggan saat ini sudah lebih cerdas, Anda tidak bisa mengandalkan jawaban template yang hanya diberikan lewat copy and paste. Cara ini sudah usang, selama pelanggan masih memiliki alternatif produk/layanan dari perusahaan lain, maka mereka akan meninggalkan Anda untuk mencari perusahaan yang bukan hanya memberikan jawaban seperti robot. Yang perlu Anda ketahui pula, kebanyakan orang akan mencari pesaing karena era informasi instan telah mengurangi kesabaran di antara konsumen secara drastis. Saat tim Anda dapat menjawab pertanyaan hanya dalam hitungan menit, bukan dalam hitungan jam, Anda telah secara aktif membangun citra merek yang positif. Orang-orang akan mendatangi Anda di masa depan karena mereka tahu Anda berguna dan dapat diandalkan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK