Return to site

Memilih Konsultan Untuk CRM Anda

Perlukah Anda menggunakan jasa konsultan CRM untuk perusahaan?

· CRM,CRM Di Indonesia

Customer Relationship Management (CRM ) memang tidak wajib untuk menggunakan jasa konsultan untuk memaksimalkan hasil. Akan tetapi, jika perusahaan beranggapan bahwa menggunakan jasa konsultan akan lebih optimal, tidak ada salahnya juga apabila ingin menggunakan jasa mereka. Namun, perlu Anda ingat, menggunakan jasa konsultan sebagai analis CRM harus benar-benar diperhitungkan. Pasalnya, jika konsultan yang Anda pilih menghasilkan analisa yang sama dengan Anda, untuk apa memanfaatkan jasa konsultan?

 

Mengapa harus menggunakan konsultan CRM?

Di Indonesia jasa ini mmemang masih sangat jarang ditemukan, akan tetapi bagi perusahaan-perusahaan yang menunjukkan pertumbuhan di luar negeri memilih untuk menggabungkan implementasi CRM dengan konsultan CRM. Kebanyakan dari mereka yang menggunakan jasa konsultan dengan alasan-alasan berikut ini:

  • Minimnya sumber daya IT yang paham tentang grafik CRM
  • Kurangnya pengetahuan tentang penggunaan CRM
  • Masalah operasional
  • Rendahnya tingkat kepuasan pelanggan

Dari beberapa alasan tersebut lah perusahaan memilih untuk menggunakan jasa konsultan CRM untuk mengoptimalkan hasil analisa.

 

Bagi Anda yang memiliki 2-3 alasan di atas, berikut adalah tips untuk memilih konsultan CRM yang tepat agar Anda tidak dirugikan.

 

1. Kualitas teknis

Memperhatikan kualitas teknis dari seorang analis CRM adalah hal yang harus diutamakan. Tak hanya piawai dalam mengolah data, kemampuan teknis konsultan pilihan Anda dapat memberikan prediksi yang lebih akurat untuk menciptakan ide-ide baru dalam strategi marketing Anda.

 

Kualitas teknis tidak dapat diukur dengan lama bekerja, tetapi kemampuan dari dalam dirinya yang paling berpengaruh. Ada banyak konsultan yang bekerja bertahun-tahun tetapi kemampuannya masih dibawah konsultan yang baru bekerja 3 – 4 tahun.

 

Cari tahu kualitas calon konsultan Anda dengan bertanya-tanya pada orang-orang terdekat Anda. Anda juga dapat bertanya pada relasi-relasi Anda yang mungkin dapat menyarankan konsultan CRM yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

2. Sudut pandang

Jangan memilih konsultan CRM yang memiliki sudut pandang berbeda untuk kemajuan bisnis Anda. Karena perbedaan ini akan mempengaruhi struktur perusahaan Anda dalam mengejar target penjualan. Pilihlah konsultan yang memiliki sudut pandang yang sama dengan perusahaan untuk mempercepat pertumbuhan. Konsultan adalah untuk membantu Anda bukan memperlambat proses pertumbuhan bisnis Anda.

 

Jika Anda sudah menemukan kandidat yang dapat memenuhi dua kriteria utama sebagai konsultan CRM ini, langkah selanjutnya yang dapat Anda ambil adalah mencari informasi lebih lanjut tentang profil konsultan tersebut. Jika memang Anda tidak menemukan informasi lebih detail melalui internet, coba Anda cari tahu portfolio konsultan pilihan Anda.

 

Kesimpulan:

Konsultan CRM dapat membantu Anda memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan dan dapat menutup kesepakatan yang lebih tinggi berdasarkan objektivitas, perencanaan strategis, penguasaan teknis dan penggunaan CRM secara efektif. Jika konsultan Anda tidak mampu memenuhi kriteria ini, segeralah mencari konsultan baru agar Anda tidak terlalu lama terjebak pada satu konsultan yang belum memberikan hasil maksimal dalam beberapa bulan setelah ia masuk dalam perusahaan Anda.

 

Itulah tips untuk menentukan konsultan CRM yang tepat untuk membantu menganalisa data CRM agar implementasi CRM pada perusahaan Anda lebih optimal. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar atau berlangganan melalui email agar mendapatkan tips-tips seputar sales, marketing dan CRM eksklusif melalui email Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK