Return to site

Memilih Waktu Yang Tepat Untuk Menghubungi Prospek/Lead

Memilih waktu yang dapat meningkatkan kepercayaan prospek/lead terhadap Anda

· Tips Sales

Salesperson harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menghubungi prospek agar peluang untuk menciptakan potensi penjualan lebih besar. Selain mengetahui kapan waktu terbaik dalam menghubungi, salesperson juga perlu mengetahui waktu-waktu yang tidak baik untuk melakukan panggilan dengan alasan berpotensi mengganggu kenyamanan prospek jika salesperson datang menghubungi prospek.

Waktu di sini tidak terbatas hanya pada jam saja, tetapi juga berlaku untuk hari yang Anda pilih untuk melakukan panggilan telepon pada prospek.

Hari yang kurang baik untuk menghubungi prospek

Hari yang kurang baik untuk menghubungi prospek adalah pada Senin dan Jum’at, di mana prospek memiliki pekerjaan yang lebih banyak dibandingkan hari-hari lainnya. Jika hari Senin merupakan hari di mana prospek harus bekerja dan menentukan strategi berdasarkan laporan kinerja Minggu lalu, hari Jum’at adalah hari di mana prospek harus mengumpulkan data hasil kinerja dalam satu pekan ini. Itulah mengapa pemilihan hari Senin dan Jum’at untuk melakukan panggilan dengan prospek merupakan waktu yang salah dan berpotensi mengganggu kenyamanan prospek.

Hari terbaik untuk menghubungi prospek

Jika Senin dan Jum’at merupakan hari yang kurang baik untuk menghubungi prospek, tentu Anda memiliki 3 hari lain yang bisa Anda pilih untuk menghubungi prospek. Namun, tahukah Anda bahwa hari terbaik untuk menghubungi prospek adalah hari Kamis. Sedangkan, hari Rabu juga menjadi hari terbaik kedua yang dapat Anda pilih untuk melakukan panggilan pada prospek.

Jam yang kurang baik untuk melakukan panggilan

Anda sudah menemukan hari untuk melakukan panggilan, selanjutnya adalah penentuan jam. Dalam hal ini adalah menentukan jam terbaik untuk melakukan panggilan. Apabila sebelumnya Anda tidak memiliki janji dengan prospek/lead, waktu yang dapat Anda pilih adalah pada kisaran pukul 8.00 – 9.00 WIB untuk pagi hari. Sedangkan untuk sore hari, Anda dapat memilih pukul 16.00 –  17.30 WIB (disesuaikan dengan 1 jam sebelum pulang kerja di kantor prospek).

Jam yang kurang baik untuk melakukan panggilan

Melakukan panggilan di luar jam yang kami sebutkan merupakan waktu yang kurang baik untuk Anda lakukan. Terlebih lagi apabila Anda melakukan panggilan pada pukul 12.00 – 13.00 WIB. Karena, umumnya pada jam tersbeut prospek menghabiskan waktu untuk makan siang dan beristirahat sejenak melepaskan masalah pekerjaan.

Pengecualian

Perlu Anda ingat, saran-saran waktu ini merupakan saran yang dihasilkan dari hasil riset yang dilakukan oleh Dr. James Oldroyd (unduh data disini). Saran-saran ini berlaku untuk Anda yang baru menghubungi prospek pertama kali atau untuk melakukan follow up tidak terjadwal. Apabila Anda sudah memiliki jadwal dan izin dari prospek untuk melakukan panggilan pada hari dan jam tertentu, meskipun itu adalah hari dan jam yang kurang baik untuk melakukan panggilan, maka Anda tetap harus menghubungi prospek. Karena, waktu tersebut merupakan waktu pengecualian.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK