Return to site

Mempersiapkan Perencanaan Menghadapi Persaingan 2019

Update strategi Anda untuk penjualan yang lebih maksimal

· Tips Sales,Tips Marketing

Anda sudah memasuki Q3 tahun 2018 ini, sejauh mana pencapaian penjualan yang sudah dicapai? Jika hingga Q3 ini perencanaan yang disusun berjalan dengan baik, Anda dapat mempertahankan hal tersebut hingga mencapai akhir tahun. Di sini pula merupakan waktu yang tepat untuk Anda mulai mempersiapkan perencanaan-perencanaan menghadapi persaingan penjualan pada 2019 mendatang.

Hal-hal apa saja yang harus dilakukan oleh leader agar dapat mempersiapkan timnya dalam mencapai hasil penjualan yang baik pada tahun 2019?

1. Maksimalkan semua anggota tim

Leader harus mulai mengumpulkan semua anggota tim. Jika Anda adalah sales leader, maka Anda juga harus mengikutsertakan anggota tim marketing atau setidaknya marketing leader dalam penyusunan perencanaan penjualan. Begitu juga sebaliknya, marketing leader juga harus mengajak sales leader dalam menyusun perencanaan marketing agar dapat membuat strategi dan mendapatkan prospek yang sesuai dengan Sales Qualified Leads (SQL).

2. Menghubungkan semua strategi dan disertai dengan tindakan

Apapun strategi yang sudah dibangun sebelumnya, Anda harus memasukkan strategi tersebut dalam proses perencanaan penyusunan target baru untuk 2019 mendatang. Jika strategi Anda baik tahun ini, maka strategi Anda akan menjadi lebih baik di tahun depan. Itulah yang harus menjadi target Anda. Pastikan pula semua strategi dan target yang dicanangkan juga dilengkapi dengan tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh anggota tim. Anda juga harus menyusun perencanaan strategi khusus jika sewaktu-waktu ada kejadian tertentu yang membutuhkan tindakan tersebut.

3. Buatlah perencanaan yang mudah untuk dieksekusi oleh tim

Perencanaan yang efektif adalah perencanaan yang dapat dieksekusi dengan baik oleh tim. Oleh karena itu, buatlah perencanaan yang dapat diaplikasikan dengan mudah agar tim Anda dapat bekerja lebih efisien dalam menghadapi persaingan 2019. Memberikan pelatihan adalah hal mutlak yang harus diberikan oleh leader untuk timnya. Karena pelatihan inilah yang nantinya akan membawa tim Anda memenuhi atau bahkan melampaui target yang diberikan oleh perusahaan.

Apakah Anda sudah siap untuk mulai membuat perencanaan menghadapi persaingan pada 2019 mendatang? Ingat, tahun baru artinya ada tantangan baru yang harus Anda hadapi. Jika Anda tidak mengubah strategi, tim Anda akan menghadapi masalah serius karena kurangnya persiapan dalam menghadapi tantangan baru tersebut.

Ilustrasi (c) Unsplash.com