Return to site

Metrik Untuk Meningkatkan Kesuksesan Penjualan

Meningkatkan penjualan? Anda pasti bisa!

· Tips Sales

Setelah salesperson berhasil mencapai target penjualan, bukan berarti perjuangan sudah berakhir. Karena, setelah pencapaian tersebut, ia harus memikirkan bagaimana bisa mencapai hasil penjualan yang baik di masa depan. Oleh karena itu, selain terus belajar memperbaiki pengetahuan terhadap pasar, pelanggan dan produk, tujuannya agar salesperson mampu mencapai hasil positif dalam setiap pekerjaannya.

Berikut adalah beberapa metrik yang harus dipertimbangkan oleh salesperson agar ia dapat meningkatkan rasio kesukesan dalam penjualan.

1. Menurunkan waktu/proses penjualan

Coba Anda hitung kembali rata-rata proses penjualan yang sudah Anda capai selama ini. Apakah tergolong kriteria cepat, sedang atau lambat. Penting bagi Anda untuk memperhatikan hal tersebut, karena setiap pencapaian target memang tidak melulu melalui proses yang cepat. Terkadang membutuhkan waktu yang lambat. Oleh karena itu, Anda harus terus melakukan perubahan agar dapat terus menurunkan waktu/proses penjualan. Dengan demikian Anda akan terlatih untuk selalu bekerja cepat dengan potensi hasil yang positif.

2. Meningkatkan ukuran transaksi

Proses yang lambat harus diimbangi dengan ukuran transaksi yang lebih besar pula. Ketika Anda menghabiskan waktu yang lebih lama untuk melayani prospek, maka juga harus ada nilai pengganti atas usaha Anda. Ibaratnya, jika dengan proses lambat ini, Anda bisa mencapai penjualan dengan nilai 3x lipat dari penjualan biasa, artinya Anda memiliki nilai pengganti yang lebih besar. Tetapi, jika proses lambat hanya mampu memberikan nilai yang sama dengan penjualan cepat (1:1), itu artinya Anda tetap mengalami kerugian.

3. Meningkatkan pendapatan bulanan/tahunan

Targetkan pencapaian pendapatan bulanan untuk perusahaan selalu dicapai oleh salesperson dalam 3 bulan terakhir, itu artinya Anda membutuhkan tantangan baru dengan menambah target pendapatan bulanan.  Tidak harus meningkatkan pendapatan 50% per bulan. Anda dapat menambah target 10% untuk 2 bulan pertama. Jika mencapai kesuksesan, tingkatkan lagi menjadi 15% pada 2 bulan kedua. Apabila hasil positif Anda raih kembali dan memenuhi target, Anda dapat meningkatkan kembali menjadi 20% pada 2 bulan berikutnya. Sehingga, dalam 1 tahun Anda berhasil meningkatkan pendapatan yang cukup besar.

4. Konversi pelanggan yang tidak aktif untuk kembali aktif melakukan pembelian

Jika Anda menemukan pelanggan-pelanggan lama yang sudah lama tidak melakukan pembelian, coba konversi mereka untuk menjadi pelanggan aktif kembali. Temukan titik masalah mereka dan jadikan evaluasi untuk memperbaiki layanan perusahaan untuk mereka. Semakin banyak pelanggan yang bisa Anda kembalikan, artinya semakin besar pula potensi penjualan yang akan Anda raih.

Itulah tips-tips untuk meningkatkan kesuksesan penjualan yang dapat kami berikan kepada Anda. Semoga tips ini dapat membantu Anda mencapai hasil penjualan yang lebih baik. Permudah cara Anda untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan prospek maupun pelanggan dengan implementasi sistem CRM untuk penjualan. Cari tahu selengkapnya dengan mengunjungi halaman fitur atau dengan mengirimkan email kepada kami di alamat hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com