Return to site

Yang Harus Anda Lakukan Untuk Mempertahankan Pelanggan Lama

Pelanggan lama sebagai investasi masa depan perusahaan

· Tips Sales

Mempertahankan pelanggan lama merupakan hal yang sama pentingnya dengan mendapatkan pelanggan baru. Jika kita lihat dari kebiasaan perusahaan, sebagian dari mereka fokus pada pencarian pelanggan baru, sebagian perusahaan lainnya mempertahankan pelangan-pelanggan lama yang mereka miliki. Jika perusahaan Anda tidak memiliki strategi yang tepat, tentu Anda akan kehilangan momen untuk menjaga pelanggan. Bagi Anda yang ingin fokus untuk meningkatkan loyalitas dan mempertahankan pelanggan lama sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis, Anda harus mengerti apa yang harus dilakukan agar strategi Anda ini terwujud.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda kuasai untuk bisa menjaga pelanggan lama dan menciptakan loyalitasnya lebih baik.

1. Memiliki sistem umpan balik (feedback) yang efisien

Menampung masukan, kritikan, ide dan apapun yang diberikan oleh pelanggan adalah hal yang harus Anda lakukan untuk mewujudkan impian dalam menjaga pelanggan lama. Anda juga harus memiliki sistem yang dapat menampung daftar keinginan pelanggan, masalah apa yang sedang mereka hadapi, solusi seperti apa yang mereka harapkan dan lain sebagainya guna memudahkan Anda dalam memberikan solusi yang tepat kepada mereka. Informasi-informasi yang Anda dapatkan dari umpan balik pelanggan haruslah dapat Anda akses dengan mudah dan terpusat. Cari tahu, sistem yang efisien untuk menampung itu semua sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Kenali pelanggan Anda

Semakin dalam pengetahuan tentang pelanggan akan memudahkan Anda dalam merancang dan menerapkan kampanye pemasaran sesuai target. Karena dalam psikologi manusia, mereka akan menyukai orang yang mengenal dan memahami apa yang mereka inginkan. Cara terbaik untuk mencapai hal ini adalah dengan mendekatkan diri pada pelanggan baik melalui email, social media atau kontak pribadi secara langsung. Semakin sering Anda berkomunikasi dengan pelanggan,potensi untuk keberhasilan menjaga pelanggan ini terbuka sangat besar untuk Anda.

3. Konsisten

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah konsistensi dalam memberikan layanan, menjaga pelanggan, berkomunikasi dan lain sebagainya yang menunjukkan kepedulian Anda terhadap pelanggan. Anda juga harus konsisten dalam menghubungi pelanggan-pelanggan Anda.

Bagaimana agar sales dapat melakukan 3 tindakan ini dengan efisien?

Menjaga hubungan dengan pelanggan, menyimpan feedback pelanggan dalam satu tempat dan konsisten dalam memberikan pelayanan dapat Anda lacak melalui aplikasi CRM. Selain meningkatkan efisiensi, CRM memudahkan perusahaan dalam menganalisa kekurangan-kekurangan yang saat ini dimiliki dengan fokus pada penilaian pelanggan.

Ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang bagaimana CRM membantu mempertahankan pelanggan lama Anda? Silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com!

Ilustrasi (c) Unsplash.com