Return to site

Menciptakan Promosi Dan Pemasaran Yang Sukses Untuk Bisnis Anda

Mempromosikan dan memasarkan bisnis dengan tepat

· Tips Marketing

Sebelum kami membahas lebih jauh tentang promosi dan pemasaran yang sukses, Anda harus mengetahui tujuan utama dari program yang akan dijalankan. Peran marketing plan akan berpengaruh besar pada apa yang akan Anda capai di akhir masa promosi dan pemasaran di akhir periode tersebut. Luangkan waktu Anda untuk membaca artikel ini, karena kami akan mengajak Anda untuk memahami apa saja yang harus dilakukan agar promosi dan pemasaran produk berjalan sukses sesuai dengan yang diharapkan oleh Anda, tim maupun perusahaan.

1. Tujuan dari pemasaran

Tujuan pemasaran menjadi hal pertama yang harus Anda rencanakan. Karena, disini Anda akan mengerti apa saja yang harus dilakukan ketika Anda mendapatkan lead. Jika perusahaan tidak hanya memiliki tujuan untuk menciptakan penjualan ketika menjalankan program kampanye. Maka perusahaan tidak memahami apa yang ingin ia capai dari pemasaran yang dilakukan apakah ingin memperbanyak lead atau ingin mencapai closing.

2. Siapa target promosi Anda

Mempromosikan produk harus memahami siapa yang akan menjadi target Anda. Jika memasakan tanpa memiliki target promosi, itu artinya sama saja Anda hanya membuang budget. Oleh karena itu, tentukan apakah Anda ingin menjangkau audiens baru, audiens dari kompetitor atau untuk menjangkau pelanggan lama.

3. Insentif bagi prospek sebelum melakukan pembelian

Ketika promosi yang Anda jalankan sukses menarik lead yang sesuai dengan kriteria prospek berkualitas, insentif seperti apa yang akan Anda berikan kepada mereka. Apakah Anda akan memberikan sampel gratis, masa percobaan atau dengan memberikan kupon/gift/rewards.

4. Budget untuk pemasaran

Anda tidak mungkin hanya memasarkan produk pada satu tempat jika ingin mendapatkan prospek yang lebih banyak dan profil yang variatif. Sebelum Anda menjalankan promosi dan kampanye, tentukan budget yang akan Anda gunakan untuk pemasaran pada beberapa tipe. Seperti, budget email marketing, social media marketing, advertising offline dan lain sebagainya. Karena, ini akan menjaga Anda dari penggunaan budget yang terlalu berlebihan tetapi tidak efektif.

5. Materi promosi

Apakah Anda akan menggunakan agensi atau akan membuat materi promosi secara internal? Ini harus Anda putuskan jauh sebelum Anda mulai menjalankan kegiatan pemasaran. Anda harus menimbang dari segi budget dan konten. Jika memang perusahaan Anda mampu membuat konten yang lebih baik, tentu membuat materi pemasaran sendiri jauh lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan jasa agensi.

6. Menentukan metrik sukses dan tidaknya promosi dan pemasaran yang Anda jalankan

Terakhir, Anda harus memiliki metrik yang jelas terkait pemasaran yang sukses. Seperti jumlah lead berkualitas yang didapatkan, jumlah keseluruhan lead, hasil penjualan dan budget. Tanpa metrik tersebut, program yang Anda jalankan dalam pemasaran tidak akan berarti apa-apa.

Ketika semua poin yang kami sebutkan sudah terpenuhi, langkah terakhir adalah dengan merumuskan marketing plan. Pastikan Anda memiliki data yang menjadi acuan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selanjutnya, simpan data proses pemasaran saat ini sebagai data untuk pengembangan promosi dan pemasaran di masa depan guna memperbaiki jika ada kesalahan dan meningkatkan potensi keberhasilan yang lebih baik jika pemasaran saat ini sukses.

Ilustrasi (c) Unsplash.com