Return to site

Mengapa Harus Mendengarkan Pelanggan?

Mendengarkan pelanggan sebagai bentuk pelayanan

· Tips Sales

Kunci utama untuk mengembangkan bisnis Anda bukan hanya tentang strategi kampanye untuk pemasaran saja. Bahkan pertumbuhan bisnis juga bukan tentang bagaimana cara Anda menjual pada pelanggan serta bukan tentang seberapa besar diskon yang Anda tawarkan kepada prospek.

Tetapi, kunci keberhasilan juga berdasarkan pada bagaimana cara perusahaan dalam mendengarkan keluhan-keluhan yang diberikan oleh pelanggan. Dengan mendengarkan keluhan pelanggan, perusahaan dapat menjadi pilihan terbaik untuk pelanggan dan membawanya untuk terus melakukan pembelian secara berkelanjutan di masa yang akan datang.

Saat ini, kita hidup sudah tidak bisa lepas dari iklan, baik itu iklan media elektronik tradisional maupun internet. Oleh karena itu, pelanggan sudah tidak terlalu peduli pada iklan yang diberikan oleh perusahaan. Karena audiens/pelanggan hanya perlu melihat iklan produk satu kali, sedangkan selanjutnya mereka tidak akan terlalu tertarik lagi. Satu hal yang dibutuhkan oleh pelanggan setelah mereka melihat iklan adalah “apakah perusahaan ini dapat memperhatikan kebutuhan saya?”.

Bagaimana cara perusahaan memperhatikan pelanggan?

Seperti yang kamu sebutkan, untuk memperhatikan pelanggan, perusahaan perlu mendengarkan semua cerita atau keluhan dari pelanggan. Keluhan tentang kebutuhan mereka, keluhan tentang layanan Anda kepada pelanggan dan semua hal yang dapat mempengaruhi pelanggan-pelanggan Anda.

Mendengarkan bukan hanya akan membuat pelanggan merasa istimewa, tetapi juga dapat menjadikan pelanggan Anda lebih loyal. Tingkat retensi penjualan akan lebih tinggi dengan sikap perusahaan yang dapat memberikan kepuasan terhadap pelanggan-pelanggannya. Sebaliknya, jika perusahaan hanya mementingkan penjualan dan keuntungan tetapi tidak memperhatikan kepuasan pelanggan, secara perlahan perusahaan akan kehilangan pelanggan-pelanggannya.

Dari sini kita sudah dapat menemukan jawaban mengapa mendengarkan lebih penting daripada sekedar melakukan penjualan kepada pelanggan. Ketika Anda memberikan yang terbaik kepada pelanggan-pelanggan yang dimiliki, tidak ada alasan bagi mereka untuk berhenti menggunakan layanan yang Anda berikan. Bahkan, tanpa diskon pun mereka akan melakukan pembelian kepada Anda.  Karena, kesetiaan pelanggan muncul dengan sendirinya ketika Anda berhasil memberikan perhatian lebih terhadap bisnis pelanggan.

Lalu, mana yang akan Anda pilih, menjual atau mendengarkan? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com