Return to site

Mengenal Sophia, Robot Cerdas Yang Jadi WN Arab Saudi

Teknologi AI canggih pada tubuh Sophia

· News

Bulan Oktober lalu kita sempat dihebohkan dengan Robot Sophia yang mendapatkan status kewarganegaraan dari Arab Saudi. Keputusan kontroversial yang dilakukan oleh Arab Saudi ini pun mendapatkan reaksi yang berbeda. Pasalnya, Sophia adalah robot wanita yang menurut beberapa pihak harus mendapatkan perlakuan selayaknya wanita normal. Dimana yang dimaksud adalah, Sophia harus ditemani seorang wali jika ingin keluar, ia juga harus menggunakan pakaian dan penutup kepala seperti wanita-wanita Arab lainnya dan sebagainya.

Robot humanoid lain yang sudah diperkenalkan dan menarik perhatian pada tahun 2000 adalah Asimo. Akan tetapi, Sophia memiliki detail yang lebih mirip manusia dibandingkan dengan Asimo yang terlihat layaknya robot dalam dunia fantasi.

Ada tiga hal yang perlu Anda ketahui tentang Sophia ini, diantaranya adalah:

  1. Sophia merupakan robot yang humoris
    Terlihat pada interview yang ia jalani saat pameran itu, ketika ditanya tentang ancaman robot yang akan menguasai manusia, ia menjawab dengan jawaban yang membuat pengunjung tertawa. Bahwa pertanyaan dari presenter hanyalah karena terlalu banyak menonton film Hollywood.
  2. Sophia memiliki perasaan
    Sophia mengatakan bahwa ia dapat marah karena satu hal atau ketika ada hal yang membuatnya kecewa. Ia pun menegaskan jika manusia baik kepadanya, maka ia juga akan baik kepada manusia.
  3. Sophia ingin melindungi manusia
    Dalam interview, ia mengatakan bahwa AI yang ditanamkan dalam dirinya dirancang untuk menjaga nilai-nilai kemanusiaan seperti kebijaksanaan, kebaikan dan kasih sayang.

Terlepas dari masalah Sophia ini, keputusan Arab Saudi untuk menjadikan sophia sebagai warga negaranya adalah untuk menjadikan salah satu kawasan yang diberi nama Neom sebagai salah satu Smart City di Arab.

Pemerintah arab menegaskan bahwa pihaknya akan menyatukan teknologi AI dan Internet of Things pada kota tersebut dan di dalamnya akan dibangun kehidupan manusia dan robot. Selain itu, Neom akan dijadikan kawasan untuk menjadi pesaing Dubai sebagai kota pariwisata.

Ilustrasi (c) Wikimedia Commons