Return to site

Mengenal Tanda-Tanda Prospek Lebih Dekat Dengan Pembelian

Memperkuat pemahaman terhadap ciri-ciri pelanggan yang berminat terhadap produk Anda

· Tips Sales

Dalam proses pendekatan sebelum negosiasi dengan prospek, kita para salesperson harus memahami tanda-tanda ketertarikan dari prospek yang kita hadapi. Ini bertujuan untuk memudahkan salesperson dalam memasukkan masing-masing prospek berdasarkan kualifikasi. Semakin lihai salesperson dalam mengenali dan memahami tanda-tanda tersebut, semakin cepat pula proses penyaringan yang dilakukan. Oleh karena itu, kami akan berbagi kepada Anda untuk memahami tanda-tanda prospek yang lebih dekat dengan pembelian. Di mana tanda-tanda tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mulai bertanya mengenai harga dan pemesanan

Proses yang mulai meminta salesperson untuk menjelaskan harga produk, cara pemesanan maupun mencoba untuk meminta diskon adalah bagian dari tanda-tanda adanya minat prospek terhadap produk Anda. Jika Anda menangani prospek ini dengan tepat, akan lebih mudah pula bagi prospek untuk melakukan pembelian.

2. Menunjukkan sikap takut

Bagi prospek yang memiliki pengalaman yang buruk dengan penyedia produk/layanan sebelumnya, ia akan lebih sulit untuk mengambil keputusan. Sehingga, sikap yang ia tunjukkan di depan salesperson lebih mengarah pada sikap takut kalau pengalaman tersebut terulang. Di sini peran penting salesperson dalam meningkatkan kepercayaan sangat penting agar dapat segera masuk pada proses negosiasi.

3. Mulai bertanya tentang layanan dan pengiriman/proses

Setelah Anda sudah berhasil meningkatkan kepercayaan, prospek tentu sudah yakin untuk melakukan pembelian. Namun, sebelumnya ia juga akan bertanya kepada Anda mengenai bagaimana layanan Anda dan seperti apa proses yang disiapkan untuk pembelian. Misal, untuk pembelian produk, prospek akan bertanya bagaimana layanan after sales dan juga kapan barang pesanananya tersebut dikirimkan. Jika prospek sudah menunjukkan hal ini, itu artinya mereka sudah siap untuk masuk pada fase-fase lanjutan dalam penjualan.

4. Risiko

Banyak prospek yang tidak ingin mengambil risiko yang sangat besar untuk melakukan pembelian. Sehingga, mereka pun mulai bertanya-tanya keoada salesperson tentang apa dan solusi yang diambil untuk meminimalisir risiko dari produk dan layanan Anda.

Itulah beberapa tanda adanya minat prospek yang dapat kami berikan. Perlu Anda ingat kembali, bahwa tips ini bisa saja tidak sesuai dengan budaya perusahaan Anda. Lakukan pengujian dari masing-masing poin di atas. Anda juga perlu memantau setiap proses tersebut secara berkala. Untuk kemudahan dalam memantau proses untuk mengenali tanda-tanda minat prospek, Anda dapat mengaplikasikan sistem Sales1CRM. Sistem Customer Relationship Management (CRM) yang kami miliki ini akan membantu Anda menyimpan semua data pada satu tempat dan mudah untuk diakses oleh semua tim di perusahaan Anda. Membutuhkan bantuan mengenai implementasi Sales1CRM untuk bisnis Anda? Silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly