Return to site

Apa Itu Customer 360° Dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Melihat sisi pelanggan dengan lebih baik melalui sistem teknologi

· Sales Strategy

Customer 360° sebuah istilah yang masih sangat asing untuk sebagian salesperson. Sama halnya dengan istilah-istilah 360° lainnya seperti gambar 360°, camera 360° merupakan istilah yang asing pada saat awal mendengar istilah tersebut. Namun, seiring dengan pengetahuan khalayak terhadap teknologi tersebut, kini semua sudah paham arti dari istilah tersebut. Lalu, apa yang dimaksud dengan Customer 360°?

 

Definisi Customer 360°

Customer 360° adalah sebuah sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk melihat sisi pelanggan dengan lebih luas (360 drajat). Hal tersebut meliputi terintegrasinya sistem perusahaan dengan informasi pelanggan, perangkat, channel maupun produk untuk meningkatkan pengalaman dalam berinteraksi dengan pelanggan dan memaksimalkan nilai yang akan diberikan kepada pelanggan.

 

Kemampuan Customer 360° dalam membantu perusahaan dan bisnis

  1. Untuk melihat semua pelanggan untuk semua produk dalam satu sistem dengan lebih konsisten.
  2. Untuk melihat dan memantau semua aktivitas pelanggan di masa lalu, saat ini dan untuk analisa prediktif di masa depan.
  3. Memberikan metode yang lebih baik untuk memahami dan menjangkau pelanggan
  4. Memberikan kemudahan untuk memberikan respon dan juga dalam mengcover ekspektasi pelanggan-pelanggan yang dimiliki
  5. Meningkatkan brand dalam berbagai lini seperti konsistensi, kontekstual, personalisasi dan juga relevansi untuk menjaga loyalitas pelanggan

 

Manfaat utama dari Customer 360°

Dengan menggunakan sistem Customer 360° ini, perusahaan dapat melihat sisi pelanggan sebagai berikut:

 

1. Penawaran dengan personalisasi yang lebih baik

Dengan terintegrasinya semua informasi pelanggan baik itu jumlah pembelian, produk yang dibeli, informasi bisnis pelanggan dan lain sebagainya akan lebih memudahkan perusahaan untuk melakukan personalisasi dalam mengirimkan penawaran-penawaran baru untuk keperluan cross selling maupun up selling.

 

2. Menurunkan customer churn

Dengan sistem modelling dan analisa yang dapat meningkatkan efektivitas dalam mengidentifikasi pelanggan, perusahaan dapat menurunkan rasio customer churn. Karena perusahaan dapat lebih aktif dalam meningkatkan retensi pembelian dari pelanggan lama dengan lebih tertarget.

 

3. Lebih peduli pada pelanggan

Dengan banyaknya data yang terkumpul dalam suatu sistem, perusahaan dapat lebih mudah untuk mengawasi dan memantau semua pelanggan. Dengan demikian, perusahaan juga dapat meningkatkan rasa pedulinya terhadap pelanggan-pelanggan yang dimiliki.

 

Teknologi-teknologi pendukung Customer 360°

Lalu apa saja teknologi-teknologi yang mendukung perusahaan untuk melihat pelanggan secara 360°? Berikut adalah beberapa contoh teknologi yang dapat memudahkan perusahaan dalam mengikuti tren Customer 360°!

 

Jadi, apakah Anda sudah paham dengan definisi Customer 360°? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini! Jika Anda menyukai artikel-artikel kami, silakan daftarkan email Anda pada form subscribes agar tidak ketinggalan tips-tips penjualan, tips pemasaran dan juga informasi teknologi yang relevan dengan penjualan.

Ilustrasi (c) Sales1CRM.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly