Return to site

Menggunakan Aplikasi CRM, Hindari Kesalahan Ini!

Jangan pertahankan kesalahan ini jika Anda mengimplementasikan CRM

· CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia

Sebelumnya kami telah memberikan artikel dengan judul yang serupa yakni Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Implementasi CRM”. Tahukah Anda, bahwa kesalahan dalam implementasi aplikasi CRM bukan hanya itu saja, untuk itu, kami akan memberikan informasi tambahan tentang kesalahan dalam implementasi aplikasi CRM untuk bisnis Anda.

 

1. Sistem yang salah

Ada banyak sistem CRM yang dapat Anda pilih diluar sana. Baik open source gratis atau berbayar untuk Anda implementasikan sendiri maupun CRM berbasis Software as a Service (SaaS). Jika Anda menilai ada yang tidak beres dengan sistem yang Anda pilih, segera beralih ke sistem lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Cobalah untuk meluangkan waktu guna mengevaluasi sistem yang Anda gunakan, pertimbangkan dengan cermat bersama tim Anda agar mendapatkan sistem CRM yang lebih baik.

 

2. Tidak tersedia untuk mobile

Saat ini hampir semua teknologi diciptakan untuk bisa dioperasikan di perangkat smartphone/tablet. Karena, sebagian orang menghabiskan waktunya di depan perangkat ini. Bahkan, tim sales dan marketing akan lebih mudah melihat tugasnya melalui smartphone. Jika Anda ingin mengimplementasikan aplikasi CRM, pilihlah aplikasi yang tersedia untuk semua device. Untuk aplikasi CRM di Indonesia, Anda dapat menggunakan Sales1CRM, karena sudah tersedia di semua device (laptop/komputer, tablet maupun smartphone).

 

3. Tidak mendesain ulang aplikasi CRM

Bagi Anda yang mengembangkan aplikasi CRM sendiri (on-premise), Anda harus terus memperbarui aplikasi milik Anda tersebut. Hal ini bertujuan untuk meningaktkan efisiensi proses sistem sesuai dengan kebutuhan Anda. Memang, cara ini akan memakan waktu yang lama jika Anda mengimplementasikan CRM on-premise. Jika Anda tidak ingin dibuat repot dengan tugas ini, Anda dapat memanfaatkan layanan pihak ketiga yang mengadopsi Cloud Based CRM.

 

4. Tidak membuat sederhana

Jika Anda sudah membuka URL artikel sebelumnya pada pembukaan artikel ini, Anda dapat melihat bahwa semua proses tradisional masih tetap diterapkan oleh perusahaan. Kesalahan seperti ini harus benar-benar dihilangkan. Aplikasi CRM adalah untuk menyederhanakan proses tim Anda agar dapat bekerja dengan lebih produktif dan efisien.

 

Ada banyak kesalahan-kesalahan dalam implementasi aplikasi CRM yang belum kami sebutkan dalam artikel ini. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dan berminat mengimplementasikan cloud based CRM (CRM berbasis cloud), silakan hubungi kami melalui email hi@sales1crm.com. Tim kami akan membantu Anda untuk memilih CRM yang tepat untuk bisnis Anda di Indonesia.

Ilustrasi (c) Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK