Return to site

Mengubah Status Sales Yang Selalu Gagal, Menjadi Sales Luar Biasa

Mengubah pola pikir dalam menjual agar dapat menjadi sales yang sukses

· Motivasi

Menjadi salesperson yang gagal mencapai penjualan, itu adalah hal yang biasa terjadi. Bukan satu atau dua orang saja yang akan mengalami hal tersebut. Namun, menjadi salesperson yang selalu mampu mencapai target penjualan, atau setidaknya diatas 90% dari target tahunan, itu baru luar biasa. Terlebih lagi apabila Anda mampu mencapai target dan melebihi target.  Untuk bisa menjadi salesperson yang bisa mencapai seperti ini, selain butuh perjuangan juga perlu strategi yang tepat dalam menawarkan pada prospek. Jika selama ini Anda selalu gagal dan pencapaian di bawah 80% dari target penjualan, berikut adalah beberapa tips untuk Anda.

1. Anda harus memulainya dengan mengubah sudut pandang terhadap pelanggan

Jika Anda melihat pelanggan hanya sebagai orang yang akan mengeluarkan uang untuk produk Anda, maka ubahlah sudut pandang tersebut sekarang juga. Jangan hanya melihat pelanggan sebagai pemberi keuntungan, namun mulailah untuk memikirkan bagaimana cara Anda untuk membahagiakan, meningkatkan kepuasan, meningkatkan loyalitas dan lain sebagainya. Artinya, bukan lagi penjualan saja yang menjadi target Anda, melainkan mencari kebutuhan pelanggan. Dengan meningkatkan kemampuan dalam melihat kebutuhan pelanggan, akan lebih mudah bagi Anda untuk menjual. Yang artinya akan semakin banyak keuntungan yang mengikuti Anda dengan sendirinya.

2. Kepercayaan diri yang diimbangi dengan sikap yang positif

Percaya diri boleh, tapi jangan sampai terlalu percaya diri. Karena percaya diri yang berlebihan hanya akan membuat Anda tidak disukai oleh prospek dan pelanggan. Tingkatkan kepercayaan diri Anda dan imbangi dengan sikap yang lebih baik. Jika sebelumnya Anda kurang tegas, mulailah untuk memperbaiki dengan sikap yang tegas. Membuka diri pada prospek dan pelanggan agar mereka bersedia menjadi bagian perusahaan dengan menerapkan strategi penjualan konsultatif.

3. Mengajak pelanggan untuk berinvestasi dengan Anda

Seperti yang kami sebutkan, jangan melihat pelanggan sebagai sumber uang Anda belaka. Jika memang Anda ingin penjualan yang lebih baik, maka Anda perlu mengajak pelanggan untuk berinvestasi dengan Anda. Investasi adalah untuk meningkatkan keuntungan, jika pelanggan sadar bahwa menggunakan produk/layanan dari Anda akan menambah keuntungan bagi mereka, sudah pasti pelanggan akan senang dan siap berinvestasi dalam jumlah besar.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang selalu gagal menjual agar dapat menjadi salesperson yang luar biasa dari kami. Semoga tips ini dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam menjual serta dapat mengubah cara Anda dalam menjual dan melihat pelanggan. Jangan lupa untuk mengikuti blog kami dengan mendaftarkan email Anda melalui form subscribes di bawah ini!

Ilustrasi (c) Flickr.com Creative Commons

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK