Return to site

Perlunya Strategi Lead Generation Melalui Sosial Media

Memperbanyak lead berkualitas melalui sosial media

· Tips Bisnis

Strategi sosial media untuk meningkatkan dan menciptakan lead (lead generation) harus masuk dalam strategi bisnis suatu perusahaan. Karena, jika perusahaan tidak memasukkan lead generation pada strategi bisnis, tentu tim sales maupun tim marketing akan kesulitan untuk bisa mencapainya. Memang, secara sudut pandang sederhana, sosial media hanya untuk mengumpulkan orang-orang yang dikenal saja. Namun, jika dilihat dari sudut pandang bisnis, tim sales dan tim marketing yang memiliki sosial media mulai memperbarui orang-orang yang dijadikan teman pada sosial media tersebut dengan menargetkan pengguna yang memiliki potensi untuk perusahaan.

Dengan terhubung pada orang-orang yang memiliki peran sentral di suatu perusahaan tersebut, tim sales dan tim marketing dapat belajar untuk memperbaiki sikap dalam berkomunikasi agar nantinya orang yang menjadi teman pada sosial media Anda tersebut lebih memperhatikan siapa Anda. Jika selama ini Anda tidak bisa mendapatkan lead dari sosial media, bukan berarti platformnya yang buruk. Tetapi memang cara Anda dalam menambah teman yang salah. Contoh, Anda ingin berjualan online produk wanita, dalam skala B2C, jika Anda menambah teman mayoritas laki-laki, itu artinya Anda salah dalam menambah teman atau jaringan. Yang pasti produk Anda pun menjadi tidak terlalu diperhatikan. Sudah jelas bahwa, jika produk yang dijual adalah produk untuk wanita, maka perbanyaklah teman wanita yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Begitu pula dengan penggunaan sosial media untuk tim sales dan tim marketing yang fokus pada penjualan B2B, dengan menambah orang yang berpengaruh terhadap perusahaan dalam daftar teman, lead generation dengan sosial media ini pun secara perlahan akan mulai berjalan. Misal, jika Anda aktif dalam memberikan komentar pada status-status yang berhubugan dengan bisnis yang dikirimkan oleh salah satu teman sosial media tersebut, maka orang lain yang melihat komentar Anda pun akan mulai penasaran dengan background Anda dan mulai mencari informasi mengenai Anda sekalipun hanya berawal dari stalking biasa.

Stalking inilah yang nantinya akan mengarahkan Anda pada orang-orang baru yang dapat menjadi lead bagi Anda. Untuk itulah mengapa perusahaan perlu menjadikan lead generation melalui sosial media sebagai salah satu strategi penting yang masuk dalam daftar strategi bisnis dan lead generation.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly