Return to site

4 Hal Yang Menggagalkan Pengembangan Jaringan

Jaringan yang maksimal untuk potensi penjualan yang lebih baik

· Sales Strategy

Mengembangkan jaringan adalah untuk menambah relasi atau kenalan agar Anda sebagai salesperson dapat menambah kontak untuk dijadikan lead suatu saat nanti. Pengembangan jaringan ini bukanlah upaya untuk melakukan penjualan secara instan. Namun, jaringan ini berguna untuk Anda yang dapat bersabar dan mengembangkan proses jangka panjang dengan tujuan dapat mengkonversi orang-orang di dalam jaringan Anda ini agar menjadi pelanggan. Namun, banyak dari orang-orang yang tidak memperdulikan hal ini dan menganggap membangun jaringan untuk bisnis adalah hal yang biasa dan tidak perlu memperhatikan kualitas dan prosesnya. Sehingga, upaya pengembangan jaringan yang dilakukan pun menjadi gagal. Berikut adalah beberapa penyebab pengembangan jaringan Anda gagal!

1. Terlalu fokus pada orang yang dikenal

Jaringan dapat dikembangkan apabila Anda mulai melirik orang-orang baru untuk dijadikan bagian dalam jaringan pribadi Anda. Untuk itu, jangan hanya fokus pada jaringan yang sudah Anda kenal saja. Tetapi, mulailah untuk merambah pada orang-orang baru. Jika Anda hanya fokus pada orang yang sudah kenal, pasti upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan jaringan maupun penjualan akan gagal.

2. Terlalu sering membicarakan diri Anda dan produk yang dijual

Jaringan bukan hanya tentang Anda dan produk yang ingin Anda jual saja. Di dalamnya ada banyak orang dari berbagai kalangan, budaya bisnis dan lain sebagainya. Jika setiap kali bertemu hanya untuk membicarakan diri Anda dan produk yang dijual, orang-orang tersebut akan jenuh untuk mendengarkan Anda. Jadi, eksplor tentang hal diluar kepribadian dan pekerjaan Anda dan mulailah berbaur untuk mencari tahu budaya mereka.

3. Tidak memperhatikan orang yang ditemui

Tidak semua orang akan menjadi lead untuk bisnis Anda, jadi jangan pernah memasukkan mereka ke dalam kontak untuk Anda jadikan lead di masa depan, jika dari profil yang Anda ketahui tidak sesuai dengan produk yang akan Anda tawarkan nantinya. Cara ini sering kali dilakukan oleh telemarketing untuk mendapatkan lead. Orang yang dikontak sudah menolak puluhan kali pun tetap saja dihubungi. Sehingga muncul rasa ingin memaki-maki telemarketing tersebut karena merasa mengganggu.

4. Lupa memfollow up

Setelah Anda mendapatkan kontak entah setelah event yang Anda hadiri/ikuti, dari social media atau dari media lainnya, jangan sampai Anda lupa untuk menindaklanjuti atau menghubungi ulang orang tersebut. Jika Anda memiliki akun sosial media orang tersebut dalam daftar pertemanan atau jaringan, ini menjadi hal yang baik. Karena Anda dapat memfollow up dengan cara memberikan komentar, like atau berbagi konten yang mereka kirimkan.

Nah, itulah 4 hal yang dapat merusak atau menggagalkan upaya pengembangan jaringan yang dapat kami berikan kepada Anda. Maksimalkan pengumpulan data kontak jaringan dengan sistem CRM dengan memasukkan kontak yang memiliki relevansi yang kuat dengan produk dan layanan yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk menjangkau mereka jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan mereka sebagai bagian dari follow up. Cari tahu lebih lanjut tentang CRM yang kami miliki dengan mengunjungi halaman features.

Ilustrasi (c) Unsplash

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly