Return to site

Meningkatkan Customer Engagement Dengan Cara Profesional

Customer engagement yang dapat meningkatkan loyalitas dan revenue

· Tips Sales

Customer engagement merupakan salah satu strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan maupun produk. Hal ini tidak lepas dari adanya peran perusahaan yang memberikan ruang kepada pelanggan untuk ikut terlibat dalam pengembangan produk dan layanan yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan pelanggan-pelanggannya.Tak hanya itu saja, strategi ini pun dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan akan membawa perusahaan Anda mendapatkan revenue yang konsisten dari retensi pembelian mereka.

Lalu, bagaimana cara untuk memaksimalkan keterlibatan pelanggan-pelanggan yang Anda miliki agar membantu bisnis terus tumbuh secara berkelanjutan? Berikut adalah beberapa tipsnya untuk Anda.

1. Fokus pada pengalaman pelanggan

Keterlibatan pelanggan akan meningkatkan pengalaman positif dari pelanggan. Pengalaman positif akan meningkatkan kepuasan dari pelanggan. Itulah mengapa Anda harus fokus pada kepuasan pelanggan untuk mensukseskan strategi customer engagement dalam perusahaan Anda. Semakin tinggi nilai kepuasan pelanggan, tentu semakin panjang pula kerja sama yang akan dilakukan oleh pelanggan dengan Anda.

2. Menggunakan software atau aplikasi penjualan dengan benar

Untuk melibatkan pelanggan dengan cara yang lebih efektif, Anda membutuhkan alat/software otomasi guna memantau semua aktivitas yang berhubungan dengan pelanggan/prospek dan proses-proses yang sedang berlangsung. Biarkan tim sales lebih fokus pada upaya untuk melakukan pekerjaan dengan prospek dan pelanggan dibandingkan harus mengerjakan tugas administratif di kantor yang dapat membuang waktu tim sales. Salah satu software yang dapat digunakan adalah aplikasi CRM. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memantau, menyimpan, memperbarui dan mengakses semua data pelanggan dengan lebih cepat. Hal ini pun akan memberikan waktu lebih bagi tim dari perusahaan untuk meningkatkan kepuasan dan pengalaman positif pelanggan-pelanggannya.

3. Satukan pelanggan pada satu grup/forum khusus sebagai komunitas

Jika Anda menginginkan interaksi dan keterlibatan pelanggan yang lebih baik, Anda dapat menyatukan mereka pada satu tempat baik berupa grup atau pun forum online/offline. Hal ini perlu dilakukan agar pelanggan lebih mudah dalam menemukan solusi yang berhubungan dengan produk/layanan yang Anda berikan. Contoh, perusahaan smartphone menyediakan forum untuk para penggunanya, para pengguna yang merupakan pelanggan smartphone tersebut saling bertukar pikiran dan berbagi solusi dengan pelanggan/pengguna lainnya. Sehingga tercipta interaksi antar pelanggan dan perusahaan serta antara pelanggan dengan pelanggan.

4. Memaksimalkan media sosial umum (Facebook, Twitter, Instagram) serta media sosial profesional (LinkedIn) untuk berkomunikasi secara personal

Media sosial hadir bukan hanya untuk hiburan atau pengisi waktu luang saja. Jika dilakukan dengan benar, media sosial akan membantu perusahaan meningkatkan customer engagement. Tindakan yang perlu dilakukan adalah dengan membalas komentar pelanggan yang dikirimkan melalui halaman resmi perusahaan. Ikut memberikan komentar ketika ada hal menarik yang dikirimkan oleh pelanggan melalui media sosial baik umum maupun profesional.

5. Meminta feedback dari pelanggan secara rutin

Tidak ada produk dan layanan yang sempurna. Jika Anda ingin pelanggan tetap puas, maka jangan pernah ragu untuk meminta masukan dari pelanggan-pelanggan dan membuka kesempatan bagi pelanggan untuk memberikan masukan. Semakin banyak masukan yang diimplementasikan pada produk dan layanan, tentu akan semakin banyak pula pelanggan yang lebih loyal kepada Anda.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan customer engagement yang dapat kami berikan kepada Anda. Semoga tips-tips singkat ini membantu memperbaiki kualitas layanan dan produk Anda dengan memberikan kesempatan kepada pelanggan agar terlibat dalam setiap langkah yang akan Anda ambil di masa depan.

Butuh informasi lebih lanjut tentang bagaimana aplikasi CRM membantu Anda untuk mencapai poin #2 dengan baik? Silakan hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com atau bisa juga melalui halaman contact us.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK