Return to site

Menjadi Leader Yang Berpengaruh Positif Pada Tim

Ingin disegani tim? Lakukan cara ini!

· Leadership

Setiap perusahaan tentu memiliki karakter leader yang berbeda-beda untuk tim yang menjadi asuhannya. Ada leader yang disegani oleh tim, ada leader yang dianggap sebagai sahabat biasa, ada pula leader yang dianggap musuh oleh tim. Semua penilaian tersebut bukanlah karena tim Anda yang tidak bisa Anda tuntun. Tetapi, ada sisi dimana Anda dianggap tidak mampu memberi arahan kepada tim.

 

Apakah anggota tim yang tidak menyukai Anda patut untuk dikeluarkan dari tim? Tidak sepenuhnya harus dilakukan demikian. Ketika Anda tidak dapat menjadi contoh yang baik untuk tim, benahilah diri Anda terlebih dahulu. Berikan mereka kesempatan untuk memperbaiki perilakunya dengan diawali dari merubah diri Anda sebagai leader.

 

Karena dengan perubahan tersebut, sangat memungkinkan bagi Anda mendapatkan perhatian dari anggota tim. Bagaimana bisa mewujudkan hal tersebut? Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan oleh leader untuk menjadi sosok yang dapat memberikan pengaruh positif pada tim.

 

1. Melibatkan tim ketika sukses

Ketika Anda mencapai kesuksesan, libatkan tim Anda. Membuat perayaan sederhana sebagai rasa terima kasih kepada mereka akan membawa efek positif untuk moral tim Anda. Semakin sering mereka dilibatkan ketika Anda melihat ada peningkatan penjualan, tim Anda akan terus bekerja lebih baik.

 

2. Bertanya

Selalu bertanya pada saat tim mengalami masalah dapat mendekatkan tim dengan Anda. Tak hanya itu saja, semakin banyak kondisi masalah yang Anda kumpulkan dari tim sales, Anda dapat menyusun strategi penjualan yang lebih baik berbekal pada masalah-masalah tersebut.

 

3. Membuat usulan

Jangan hanya memerintah tim Anda untuk bekerja, tetapi berilah usulan-usulan yang dapat membantu mereka dalam bekerja. Memerintah memang tugas Anda, tetapi tidak semua orang suka diperintah. Tetapi, dengan membuat usulan, mereka akan lebih senang dalam mendengarkan.

 

4. Memiliki misi dan visi yang sama

Bangun misi dan visi yang sama dengan tim yang Anda asuh, dengan demikian Anda dapat membantu mereka bekerja dengan baik dibandingkan dengan membuat visi dan misi yang berbeda dengan tim. Selama misi dan visi yang Anda buat tidak keluar dari misi dan visi perusahaan, ini boleh dilakukan.

 

Itulah 4 tips agar dapat menjadi leader yang membawa pengaruh positif untuk tim Anda yang dapat kami berikan. Apabila Anda memiliki tips-tips lain, jangan sungkan untuk menambahkan pada kolom komentar di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK