Return to site

3 Strategi Penjualan Dengan Memaksimalkan Data-Driven

Data sebagai patokan untuk penjualan yang lebih baik

· Tips Sales

Pada artikel sebelumnya, kami telah memberikan penjelasan tentang apa itu data-driven dan manfaatnya untuk marketing. Sedikit terhubung dengan artikel tersebut, pada artikel kali ini, Sales1CRM akan memberikan sedikit tambahan  bagaimana Anda mengembangkan strategi penjualan dengan data-driven.

 

Jadi, bagaimana sales bisa mendorong efektivitas penjualan dengan pendekatan berbasis data? Mulailah dan terapkan strategi penjualan dengan data-driven berikut ini:

 

1. Temukan kebiasaan terbaik dari tim sales Anda

Sebelum Anda mulai masuk pada tingkat pelanggan, cobalah untuk mencari tahu dari sisi internal perusahaan. Mulailah dengan cara memecah semua aktivitas dalam proses penjualan seperti meeting, melakukan panggilan dan email. Buatlah kebiasaan tersebut lebih mudah dilacak dan dapat dipusatkan pada dasbor setiap departemen.

 

Setelah Anda mampu memecah atau mengkategorikan hal tersebut, gunakan metrik tersebut untuk membandingkan kinerja-kinerja tim sales Anda. Ketika Anda dapat melihat perbedaan kinerja tim sales, tuntunlah tim sales yang memiliki prestasi lebih rendah dalam penjualan untuk mengikuti cara tim-tim yang sukses dalam menjual lebih banyak.

 

Tak hanya itu saja, pemetaan proses penjualan dengan memanfaatkan data akan menghasilkan akurasi yang lebih baik. Sehinggan leader dapat mencari dan mengidentifikasi strategi marketing yang efektif serta lebih efisien.

 

2. Gambaran data prospek lebih sempurna

Mengidentifikasi siapa yang memenuhi syarat prospek berkualitas adalah tahap awal yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk melanjutkan proses. Untuk mendapatkan semua itu, perusahaan harus melakukan demografi data. Demografi data ini nantinya akan menentukan profil yang tepat untuk Anda jadikan pelanggan berkualitas selanjutnya untuk perusahaan Anda. Jika untuk melakukan demografi sulit dengan cara manual, data-driven yang dapat Anda akses melalui software melakukan semua itu secara otomatis sesuai keinginan Anda. Sehingga yang perlu Anda lakukan adallah bagaimana cara Anda membaca data-data tersebut.

 

3. Menganalisa keterlibatan dan jangkuan pelanggan

Perusahaan tentu mengharapkan informasi sebanyak mungkin tentang keterlibatan dan jangkauan pelanggan terhadap produk maupun perusahaan. Seperti apakah pelanggan datang dari website, social media atau metode marketing lainnya. Data-driven disini dapat membantu tim sales untuk melakukan pendataan yang lebih mudah, sehingga dapat berkolaborasi dengan tim marketing untuk mendapatkan hasil penjualan yang lebih baik dengan memaksimalkan pemasaran.

 

Kesimpulan:

Managemen data adalah faktor utama untuk meningkatkan efektivitas strategi penjualan untuk perusahaan Anda. Ketika Anda memiliki data yang terpusat ditambah dengan otomasi software untuk analisa, menjadikan pekerjaan tim sales Anda lebih efisien dan dapat meningkatkan produktivitas mereka. Memasarkan produk lebih tertarget dengan pemahaman pasar yang lebih baik serta dapat melakukan pendekatan penjualan dengan fokus pada solusi.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK