Return to site

Hal-Hal Yang Berpengaruh Pada ‘Closing’

Bagian-bagian dalam closing yang perlu Anda ketahui

· Tips Sales

Ketika Anda telah mendapatkan prospek berkualitas dan sudah sangat dekat dengan closing, tentu ini akan menjadi hal yang sangat menegangkan. Apakah Anda akan berhasil mencapai penjualan dengan prospek atau sebaliknya, Anda akan kehilangan prospek tersebut. Mengapa prospek yang sudah sangat dekat dengan closing masih bisa hilang? Jawabannya cukup sederhana, bagaimana Anda dapat menutup proses disaat yang tepat dan tidak terlalu mengulur waktu.

 

Dekat dengan closing bukan berarti sudah closing, karena ada banyak proses yang dapat menggagalkan penjualan Anda dengan prospek tersebut. Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang menjadi bagian dalam closing berikut ini.

 

1. Tidak ada skenario yang bisa Anda baca untuk berkomunikasi dengan prospek. Semua komunikasi yang Anda lakukan merupakan dari kemampuan komunikasi diri Anda sendiri. Jangan pernah menyalahkan prospek yang tidak berkenan berbicara panjang, itu bisa saja karena Anda kurang bertanya atau pertanyaan Anda tidak berkualitas.

 

2. Meminta komitmen dari prospek tidaklah merendahkan diri Anda sebagai sales. Selama itu bukan termasuk dalam kategori paksaan. Akan berbeda jika Anda terlalu memaksa prospek memberikan komitmennya untuk Anda. Padahal memilih adalah hak mutlak dari pembeli bukan dari penjual.

 

3. Memastikan pelanggan untuk mengatakan “Ya” ketika komitmen sudah tercapai akan menentukan akhir yang baik untuk bisnis Anda. Jika tidak ada kata tersebut yang keluar, selama itu pula ada kekhawatiran yang harus bisa Anda pecahkan secepatnya.

 

4. Meminta kesempatan untuk membantu prospek menjadi salah satu strategi yang dapat Anda lakukan ketika prospek sudah menunjukkan urgensi kebutuhan yang tidak dapat ditunda lagi. Seperti yang kami sebutkan, karena ini adalah bentuk bantuan atau dalam artian hanya untuk menutupi kebutuhan sementara prospek, berikanlah layanan yang baik yang dapat mengubah pikiran prospek Anda dari tidak yakin menjadi sangat yakin.

 

5. Prospek membutuhkan produk untuk bisnis mereka, apabila Anda ingin menarik perhatian prospek dan berharap pada closing yang lebih cepat, maka bantulah bisnis mereka. Karena bisnis prospek yang sukses karena bantuan Anda jauh lebih berarti dibandingkan uang di suatu saat nanti.

 

6. Bahasa Anda memberikan pengaruh penting terhadap closing. Jika Anda tidak dapat berbahasa dengan baik, entah itu bahasa verbal maupun non-verbal, tidak menutup kemungkinan kedekatan Anda akan berakhir dalam waktu dekat.

 

Itulah beberapa hal yang dapat mempengaruhi closing yang dapat kami berikan kepada Anda. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar apabila ada yang ingin Anda tambahkan terkait artikel ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com