Return to site

Mental Untuk Mencapai Kesuksesan Salesperson

Sales dan games, apa pebedaanya?

· Tips Sales

Mendalami pekerjaan sebagai sales tidak ubahnya masuk dalam dunia permainan (games) yang saat ini sudah sangat mudah dijangkau oleh semua orang. Mereka yang menjadi sales harus bersaing dengan sales-sales lain yang sudah berada pada level atas. Bedanya, jika kita bermain games, level kita bisa mentok atau yang sudah lama bermain tidak bisa kita kejar. Sedangkan dalam dunia sales, tidak peduli kita ini baru masuk dalam dunia sales, kita bisa mengalahkan salesperson lain yang sudah bekerja lama.

Mengapa demikian? Dalam dunia games level yang kita miliki sudah diprogram oleh komputer yang memiliki batas tertentu. Sedangkan dalam dunia sales, kita tidak memiliki batas level, dikarenakan kita berhadapan dengan kehidupan secara langsung. Siapa yang dapat menjadi pemenang dalam dunia sales adalah mereka yang memiliki kepercayaan dalam dirinya. Dimulai dengan apa yang diyakini oleh salesperson sendiri, orang lain, riwayat masa lalu dan semua keyakinan-keyakinan lain yang tidak terbatas. Anda dapat mengerti lebih banyak apa saja yang menjadi kepercayaan Anda. Apabila siap, Anda dapat melakukan tindakan berdasarkan peraturan dari diri Anda sendiri bukan bergantung pada peraturan sebuah program layaknya games.

Anda pasti sering bertemu dengan orang-orang yang dapat merusak mental dengan kata-kata negatif seperti “kamu tidak akan bisa, percuma kamu mengejar” dan lain sebagainya. Bahkan ungkapan tersebut bukan hanya dari teman atau rekan di sekitar Anda. Ungkapan tersebut juga bisa datang dari keluarga yang dapat memberi pengaruh penting untuk hidup Anda.

Ketika Anda ikut terbawa dalam ungkapan tersebut, tidak diragukan lagi, Anda akan mengalami kegagalan dan kalah dalam persaingan. Mengapa bisa demikian? Anda lebih percaya pada penilaian negatif orang lain dibandingkan dengan kemampuan Anda sendiri. Sehingga, apapun yang Anda kerjakan selalu beriringan dengan kata tidak bisa, percuma atau kata-kata negatif lainnya.

Sebaliknya, jika Anda siap bekerja dengan keyakinan diri sendiri, tentu Anda dapat menjadi sales yang lebih tangguh. Ibarat Anda bermain games, ketika Anda berlatih secara konsisten untuk menjadi yang terbaik dalam memainkan game tersebut, tentu suatu saat Anda dapat mencapainya. Begitu pula dalam dunia sales, ketika Anda yakin dan melatih semua kemampuan sales Anda, tidak ada lagi kata percuma untuk Anda.. Karena ada kreativitas yang Anda miliki dalam diri Anda untuk bisa memecah semua masalah. Kuncinya adalah percaya pada diri Anda dan lakukanlah dengan cara yang maksimal. Kesuksesan timbul karena mental positif dari dalam diri Anda, bukan karena orang lain yang dapat mengatur Anda.

Jadi, siapkah Anda masuk dalam permainan sales ini untuk menjadi orang yang sukses membawa penjualan besar?

Ilustrasi (c) Unsplash.com