Return to site

Menjadi Sales B2B Yang Menghasilkan Penjualan

· Tips Sales

Sales B2B selalu dijalani dengan proses penjualan yang sulit dan harus bisa mencari pelanggan yang memiliki kesempatan untuk menghasilkan penjualan secara berkelanjutan. Pasalnya, ketika sales B2B gagal meningkatkan penjualan karena hanya mengandalkan pelanggan baru maka sales akan mengalami penjualan yang sangat sulit. Mengapa, setiap pembelian dari pelanggan baru selalu membutuhkan proses yang panjang dan membutuhkan biaya yang lebih banyak dibadingkan dengan proses dengan pelanggan lama. Biaya di sini tidak hanya berupa materi saja, tetapi biaya waktu dan proses adalah bagian tak terlihat yang harus dijadikan pertimbangan.

Pada kesempatan kali ini, kami dari Sales1 ingin memberikan beberapa tips kepada para sales B2B yang masih pemula untuk menjadi sales yang menghasilkan penjualan yang benar dengan memaksimalkan hubungan dengan pelanggan berkualitas dan menjadikan setiap pembelian pertama menjadi pembelian jangka panjang yang dapat menghemat banyak waktu yang dimiliki oleh tim sales untuk melakukan penjualan yang lebih maksimal di masa depan. Apa saja yang harus dilakukan?

1. Meningkatkan pengetahuan Anda terhadap bisnis dan cara menjalin hubungan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah  dengan meningkatkan pengetahuan mengenai berbagai macam hal tentang pelanggan dan bisnisnya. Selanjutnya, Anda juga harus belajar untuk mengenali karakter pelanggan untuk kemudian Anda beradaptasi dengan karakter tersebut sebelum akhirnya menjalin hubungan bisnis yang meningkatkan penjualan di masa depan. Tentunya, strategi ini hanya akan bisa berjalan jika Anda yakin dan memahami langkah-langkah tepat dalam proses penjualan dan hubungan melalui manajemen hubungan pelanggan.

2. Improvisasi dalam menjalin hubungan dengan pelanggan

Penjualan yang maksimal diperlukan hubungan yang baik dan Anda harus memiliki inisatif dalam meningkatkan hubungan tersebut melalui berbagai improvisasi. Salah satu proses yang dapat dilakukan adalah dengan kembali pada pengelolaan Anda dalam menjaga hubungan. Bertahan dengan cara manual hanya akan membuat Anda akan tetap pada zona abu-abu untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hubungan. Namun, dengan menggunakan sistem CRM, cara Anda dalam mengimprovisasi hubungan akan jauh lebih mudah daripada yang Anda bayangkan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com