Return to site

Yang Harus Anda Lakukan Untuk Mengembangkan Hubungan Bisnis

· Hubungan Pelanggan

Dalam setiap hubungan bisnis diperlukan kepercayaan itu sudah pasti. Namun, selain kepercayaan ada banyak hal lain yang harus diperhatikan oleh tim sales agar kepercayaan tersebut dapat terus terjalin sehingga terjadi hubungan jangka panjang yang dapat mendorong penjualan tanpa batas. Berikut adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk menghasilkan hubungan bisnis yang baik bagi Anda.

1. Menghormati waktu yang dimiliki oleh rekan Anda

Anda tidak dapat memaksakan waktu yang tidak sesuai dengan keinginan dikarenakan kesibukan yang dialami oleh rekan. Maka dari itu, hormatilah waktu yang dimiliki oleh rekan maupun waktu yang diberikan. Ketika sudah berbicara tentang waktu, maka Anda harus selalu menjaga sikap disiplin dan selalu mentaati waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Jangan sampai Anda tetap menjadikan kebiasaan Anda yang tidak menghormati waktu dengan rekan atau relasi bisnis karena ini akan menjadi mimpi buruk untuk masa depan hubungan Anda.

2. Jangan ragu untuk berkomunikasi dan bertanya

Jalin komunikasi yang baik dan bertanyalah jika itu diperlukan, karena dari setiap proses yang Anda hadapi tidak lepas dari hal-hal baru yang bisa saja belum Anda ketahui sebelumnya. Proses komunikasi ini akan mendorong Anda pada informasi yang dibutuhkan dalam membawa jalan bisnis dan penjualan. Jadi, selalu memperhatikan waktu yang didapat dan berkomunikasi akan menjadi dua unsur penting dalam penjualan.

3. Jangan terlalu kaku, cobalah untuk menyatu dan mengembangkan relasi dalam even tertentu

Dalam proses penjualan Anda jangan hanya diam dan terkesan kaku. Anda perlu meningkatkan sifat aktif dalam diri Anda untuk bersama, berkomunikasi dan menyatu pada suatu jaringan. Ini perlu dilakukan untuk meningkatkan brand personal (personal branding) di kalangan relasi yang Anda miliki saat ini. Dari personal branding yang Anda ciptakan ini akan menghasilkan kemudahan-kemudahan dalam meningkatkan peran serta jaringan dalam memberikan rekomendasi kepada jaringan mereka untuk meningkatkan penjualan produk yang Anda tawarkan. Tentunya ini sangat penting dalam mendorong kualitas bisnis yang Anda miliki di masa depan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com