Return to site

Menjaga Hubungan Jangka Panjang Dengan Prospek/Pelanggan

Strategi penjualan berbasis hubungan pelanggan

· CRM Di Indonesia,Tips Sales

Semua salesperson yang sudah lama bekerja pasti paham bahwa untuk mendapatkan pelanggan baru itu membutuhkan usaha yang sangat berat. Bahkan banyak perusahaan yang harus rela mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk mendapatkan pelanggan baru tersebut. Bagi salesperson sendiri, mencari pelanggan baru adalah tugas yang menghabiskan banyak waktu dan energi.

Kesulitan tim sales juga dirasakan ketika ia berusaha untuk menjaga pelanggan lama yang telah mereka miliki agar tetap percaya dengan perusahaan. Beruntungnya, saat ini sudah ada teknologi CRM untuk membantu tim sales bekerja lebih baik dengan memaksimalkan hubungan jangka panjang dengan pelanggan maupun prospek.

Selain dengan bantuan CRM, berikut adalah beberapa cara bagaimana agar Anda mampu menjaga hubungan jangka Panjang dengan pelanggan/prospek.

1. Memberikan nilai yang sesuai dengan pelanggan/prospek

Setiap prospek/pelanggan memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda. Apabila Anda ingin menciptakan nilai pada prospek/pelanggan yang menjadi target Anda, buatlah nilai berdasarkan kebutuhan tersebut. Dengan menjaga hubungan dan menciptakan nilai untuk pelanggan, tentu ini akan menjadi hal positif bagi penjualan di masa depan. Seorang pelanggan yang berhasil mendapatkan nilai dari produk maupun perusahaan akan selalu menjadikan Anda sebagai pilihan utama. Yang artinya, ada efek jangka Panjang yang Anda dapatkan dari apa yang dilakukan saat ini.

2. Perlakukan semua pelanggan dengan cara khusus

Karakter pelanggan yang berbeda-beda tidak dapat Anda perlakukan dengan cara yang sama. Sebagai contoh, pelanggan yang suka melakukan pembelian lebih lambat tidak dapat Anda perlakukan dengan cara yang Anda gunakan untuk menghadapi pelanggan yang suka melakukan pembelian dengan cepat. Begitu juga dengan karakter personal dari pelanggan. Anda harus memahami masing-masing karakter pelanggan-pelanggan Anda tersebut untuk memberikan layanan yang paling tepat pula.

3. Tunjukkan sikap ramah Anda kepada siapa pun yang akan melakukan pembelian

Penjualan berhasil atau tidak merupakan bagian dari pekerjaan yang Anda tekuni saat ini. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk bertindak tidak ramah pada pelanggan maupun prospek. Berinteraksi dengan baik kepada siapa pun yang akan melakukan pembelian merupakan langkah nyata yang harus dilakukan oleh sales untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan/prospek. Jika Anda hanya bisa bersikap ramah dengan pelanggan lama dengan pembelian besar, Anda akan lebih sering kehilangan pelanggan dengan pembelian kecil yang memiliki potensi besar di masa depan.

4. Membuat pelanggan merasa terlibat setiap kali melakukan meeting

Dalam kesempatan meeting apa pun antara Anda dengan prospek/pelanggan, tunjukkan kepedulian Anda dengan selalu melibatkan mereka. Selalu bertanya tentang kebutuhan mereka, solusi apa yang diinginkan dan bagaimana layanan perusahaan selama ini. Bertanya seperti ini merupakan nilai tambah yang akan Anda terima di masa depan. Prospek maupun pelanggan selalu menyukai perusahaan yang melibatkan mereka dalam segala hal. Jadi, libatkan mereka, Anda pun dapat mengambil banyak keuntungan dari sikap Anda tersebut.

Permudah upaya Anda dalam menjaga hubungan dengan pelanggan ini dengan mengimplementasikan aplikasi CRM. Anda akan lebih mudah dalam mencari tahu semua kebutuhan pelanggan berdasarkan data yang disimpan, menawarkan solusi yang tepat, menciptakan nilai dan semua hal yang berhubungan dengan kebutuhan pelanggan. Cari tahu jawaban yang lebih lengkap bagaimana CRM membantu Anda untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan dengan mengirimkan email ke hi@sales1crm.com, tim kami akan melayani Anda dengan senang hati. Hubungi kami sekarang dan mulailah menciptakan strategi penjualan berbasis pada kepuasan dan hubungan dengan pelanggan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com