Return to site

Selain Penjualan, Ini Yang Membuat Bisnis Anda Gagal

Bisnis gagal? Mungkin ini penyebabnya!

· Tips Bisnis

Apakah penjualan menjadi penyebab kegagalan perusahaan Anda? Pada kenyataannya, penjualan bukan menjadi penyebab utama yang membuat bisnis mengalami kegagalan. Memang, penjualan memberi pengaruh besar terhadap keberhasilan suatu bisnis, tetapi di balik penjualan tersebut, ada tim yang dibentuk oleh perusahaan untuk mendorong penjualan.

Jika perusahaan tidak mampu menciptakan tim yang nyaman, bagaimana cara tim bekerja dengan baik untuk mendorong penjualan? Pada kesempatan kali ini, kami akan mengenyampingkan masalah penjualan sebagai penyebab kegagalan. Tetapi, kami akan melihat bagaimana perusahaan mengalami kegagalan karena kesalahan terhadap timnya sendiri.

1. Tim tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan

Seorang pelaku bisnis ingin membuat strategi atau menciptakan produk/layanan baru, harapannya, ia ingin memberikan sesuatu berbeda kepada para pelanggannya. Namun, leader dan pimpinan perusahaan tidak pernah melibatkan tim yang dimiliki sebelum benar-benar melakukan tindakan tersebut.

Leader dan pimpinan perusahaan hanya membicarakan secara private tetapi tidak pernah menanyakan bagaimana kondisi pasar saat ini kepada tim sales. Pimpinan/pelaku bisnis tidak menanyakan bagaimana kondisi anggaran perusahaan saat ini kepada staff keuangan. Pada akhirnya, strategi yang dijalankan pun tidak sesuai harapan. Menciptakan produk baru tidak sesuai dengan keinginan pasar, budget pemasaran pun terlalu membengkak dan membuat keuangan perusahaan semakin tidak sehat.

2. Pelaku bisnis maupun leader tidak dapat menjadi inspirator dan motivator bagi tim

Tim selalu membutuhkan sosok yang dapat menginspirasi dan memotivasi dirinya agar bekerja dengan baik. Seperti tim sales, ia membutuhkan dorongan motivasi dari leader saat tim mengalami kesulitan penjualan. Ketika pimpinan/leader tidak dapat memberikan inspirasi untuk timnya saat mengalami kesulitan, bagaimana ia bisa bekeja dengan baik untuk perusahaan?

3. Tim tidak diberdayakan

Tim membutuhkan bantuan leader dan pimpinan agar mereka bisa berkembang. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memberdayakan tim yang ada saat ini. Memberdayakan tim tidak mahal, leader harus bisa memberikan contoh dan waktu untuk melakukan pelatihan internal kepada tim. Dengan demikian, tim akan senang bekerja, karena selain mereka bekerja juga mendapatkan ilmu baru dari perusahaan. Lain halnya jika perusahaan tidak mau tahu dengan timnya dan membiarkan mereka bekerja sendirian tanpa arah yang jelas. Perusahaan hanya akan melakukan penggantian tim setiap bulan/semester/tahun. Sehingga, perusahaan tidak dapat memiliki tim yang solid dan loyal untuk perusahaan.

Itulah alasan mengapa bisnis Anda gagal yang dapat kami berikan. Perlu Anda ingat kembali, penjualan yang dilakukan oleh tim sales akan berhasil jika perusahaan dapat memastikan mampu menghindari 3 poin yang kami sebutkan di atas. Jika pimpinan/leader hanya memperdulikan dirinya sendiri dan tidak pernah menjaga tim yang dimiliki, jangankan target dapat diraih, penjualan pun akan sulit untuk dicapai karena tim sales malas untuk bekerja.

Ilustrasi (c) Flickr.com CC