Return to site

Menjaga Kerjasama Tim Sales Agar Tetap Produktif

Menumbuhkan rasa peduli dalam tim

· Leadership

Bagaimanapun juga, kerjasama tim sales merupakan tindakan penting yang harus dijaga untuk mencapai kesuksesan bersama-sama. Menjaga persaingan tim, artinya menjaga kebiasan untuk gagal dalam tubuh tim Anda. Hal ini tentu harus bisa ditinggalkan agar dapat menciptakan kondisi tim yang lebih baik. Berikut adalah tips yang dapat diterapkan oleh sales leader agar memiliki tim yang mampu bekerja sama dan tetap produktif dalam bekerja.

 

1. Mengajarkan tim untuk berbagi beban kerja

Jangan hanya membebankan suatu pekerjaan pada satu orang dari tubuh tim. Leader harus bisa menjadikan pekerjaan yang dimiliki oleh tim sales sebagai pekerjaan yang sama dan tidak ada istilah tanggung jawab satu orang tertentu. Artinya, ketika anggota tim sales mengalami kesulitan, tim lain harus bersedia membantunya. Tim sales harus bersatu untuk memecahkan masalah yang dihadapi, agar semua tim dapat merasakan keberhasilan yang sama.

 

2. Dukungan ketika melihat rekan satu tim mengalami kegagalan

Tidak semua anggota tim beruntung mendapatkan prospek yang baik, mudah diajak berbicara dan merupakan pengambil keputusan untuk perusahaannya bekerja. Berikan dukungan Anda pada saat melihat rekan satu tim gagal karena mendapatkan prospek yang suka mengulur waktu hanya untuk membatalkan minatnya. Selain mengajarkan tim untuk saling peduli, Anda sebagai leader juga harus memberikan dukungan pada anggota tim Anda tersebut.

 

3. Tumbuhkan moral tim

Seluruh tim Anda sedang berada pada titik terendah karena mereka merasa gagal dalam menjual produk dengan jumlah yang besar? Tumbuhkan moral mereka dengan memberikan pujian atau dengan sedikit hiburan seperti nonton bareng tim sales atau dengan makan bersama sebagai bentuk terima kasih Anda pada tim sales yang sudah berusaha dengan baik untuk mencapai penjualan walaupun masih mengalami kegagalan.

 

4. Melatih tim untuk terus bekerja sama

Tidak semua anggota tim yang direkrut mampu bekerja sama dengan baik untuk perusahaan dan tim. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk memberikan pengarahan dan pelatihan agar tidak ada lagi persaingan melainkan lebih mengutamakan kerja sama dalam bekerja. Dengan demikian Anda dan tim akan lebih baik dalam menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi dalam penjualan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK