Return to site

Ini Yang Bisa Anda Lakukan Saat Prospek Meminta Diskon

Langkah mana yang Anda ambil saat bertemu prospek yang meminta diskon?

· Tips Sales

“Saya sangat menyukai produk yang bapak miliki, tetapi sayangnya harganya kurang begitu cocok, kira-kira bapak bisa memberikan sedikit diskon kepada saya untuk bisa membeli produk bapak ini?”. Sepenggal kalimat yang sering kali menjadi cara ampuh bagi seorang prospek yang ingin mendapatkan produk Anda tetapi dengan harga yang lebih murah.

Ketika Anda mendapatkan pertanyaan seperti, apa yang dapat Anda lakukan? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda ambil ketika menemukan prospek yang kedapatan meminta diskon kepada Anda.

1. Melayani permintaan diskon yang diminta oleh prospek

Jika Anda berpikir tidak ada jalan lain untuk mencapai kesepakatan, Anda bisa saja membiarkan untuk menerima permintaan pelanggan dengan memberikan diskon sesuai keinginan mereka. Namun, di balik diskon yang telah Anda berikan tersebut, prospek Anda telah berhasil mempengaruhi Anda dan berhasil mengatur harga yang sebenarnya merupakan hak yang dimiliki oleh penjual untuk menawarkan harga berapa pun.

Ketika Anda memberikan diskon kepada mereka, penjualan memang benar-benar terjadi. Namun, bagaimana untuk masa depan pembelian dari pelanggan ini? Jika pelanggan ini terus meminta diskon kepada Anda dan Anda pun memberikan diskon untuk pelanggan ini, berarti Anda telah kalah dan tidak memiliki nilai lagi. Satu-satunya nilai yang dimiliki oleh Anda dan produk adalah produk yang murah dan berdiskon.

2. Menyesuaikan harga dengan pengiriman

Ketika Anda ingin menjalankan strategi menghadapi prospek yang meminta diskon adalah dengan membuat harga yang sudah Anda sesuaikan dengan biaya pengiriman. Sehingga, ketika prospek meminta diskon kepada Anda, Anda dapat menjawab dengan penuh percaya diri bawah harga yang Anda tawarkan sudah termasuk biaya kirim atau layanan kepada prospek/pelanggan.

3. Menolak diskon dan tetap percaya diri dengan nilai dari produk (sangat kami rekomendasikan)

Hal terakhir yang dapat kami berikan untuk menghadapi seorang prospek yang suka meminta diskon adalah dengan mengatakan tidak atau menolak diskon yang diminta oleh prospek dengan cara apa pun. Jadilah penjual yang percaya diri dengan harga yang ditentukan, berikan nilai dan jadikan nilai tersebut sebagai solusi yang tidak akan merugikan prospek ketika memutuskan untuk menggunakan produk Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com