Return to site

Alasan Di Balik Personalisasi Email Marketing

Personalisasi dalam email marketing untuk menghasilkan penjualan

· Tips Marketing

Jika Anda mendengar orang yang mengatakan bahwa email marketing sudah tidak berlaku atau menganggap masa kejayaannya telah berakhir, itu tidak sepenuhnya benar. Karena meskipun sudah banyak media sosial yang digunakan oleh pelanggan, email merupakan alat alternatif yang digunakan untuk komunikasi bisnis. Berawal dari kegunaan ini lah perusahaan harus memikirkan bagaimana cara untuk memaksimalkan email menjadi tempat pemasaran yang efektif dengan personalisasi email.

Berikut adalah alasan mengapa setiap pelaku bisnis perlu mempersonalisasikan email mereka kepada pelanggan.

1. Personalisasi menambah kredibilitas

Melalui email marketing, perusahaan mempertaruhkan kredibilitas bisnis mereka. Ada banyak email spam yang diterima oleh pelanggan/prospek membuat mereka sangat memperhatikan kualitas email yang mereka buka. Bahkan, untuk email yang tidak mencantumkan nama pelanggan, peluang email tidak dibaca akan meningkat. Karena mereka tahu email mana yang berasal dari perusahaan yang sebenarnya dengan tidak.

Contoh, penggunaan panggilan nama akan membantu meningkatkan potensi dibukanya email yang Anda kirimkan dibandingkan dengan penggunaan panggilan dengan pembuka “Pelanggan Yang Terhormat”. Mengapa penggunaan kalimat kedua lebih memiliki potensi untuk tidak dibaca? Karena semua email spam membuat konten seperti itu sebagai bentuk pengiriman secara massal.

Tetapi, jika Anda menggunakan nama, seperti pembuka “Yang Terhormat, Bapak Dian”, pelanggan akan lebih penasaran, apa yang akan disampaikan oleh perusahaan melalui email tersebut. Cara ini pun menjadi salah satu benuk bahwa perusahaan benar-benar memperhatikan pelanggan mereka.

2. Menunjukkan bahwa Anda bersungguh-sungguh dalam mengajak konsumen tetap terhubung

Tidak peduli apakah Anda mengirimkan email massal kepada pelanggan (selama dalam penerima hanya terdapat satu alamat) dan penyebutan nama yang Anda lakukan melalui email akan membuat pelanggan beranggapan email yang mereka terima sebagai bentuk kepedulian Anda terhadap mereka. Tak hanya itu saja, pelanggan juga akan lebih serius dalam membaca isi dari email yang Anda kirimkan tersebut.

3. Cara efektif untuk melawan spam

Seperti yang sudah kami jelaskan sedikit tentang spam pada poin #1, pengiriman email dengan personalisasi merupakan bentuk perlawanan Anda terhadap spam. Perlu Anda ketahui, Anda juga harus memahami kata-kata apa saja yang dapat membuat email Anda masuk dalam daftar spam. Kata-kata tersebut adalah kata-kata seperti “Dear Friends, Cash Bonus” dan lain sebagainya yang dapat membuat sistem memasukkan email Anda pada folder spam, bahkan server pun dapat menghapus email Anda.

Itulah alasan mengapa Anda perlu mempersonalisasikan email marketing yang Anda kirimkan kepada pelanggan-pelanggan Anda. Semoga informasi ini dapat membantu Anda memperbaiki kualitas email yang dikirimkan untuk menunjang penjualan produk Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com