Return to site

Tips Untuk Mengamankan Perangkat IoT

Data dan privasi Anda ada disini!

· News

Internet of Things (IoT) membawa hidup kita jauh lebih mudah dengan berbekal koneksi internet. Jika dulu internet hanya dikhususkan untuk surfing website, mengakses email. Kini kita dapat melakukan hal-hal lain dengan mudah seperti menyalakan/mematikan lampu dari jarak jauh dan hal-hal lainnya. Di balik kemudahan tersebut, tentu ada ancaman seperti serangan peretas atau masalah pencurian data. Meskipun ada banyak ancaman, Anda tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan beberapa tips untuk mengamankan jaringan maupun perangkat IoT Anda.

1.  Mengamankan perangkat

Lakukan pembaruan secara berkala terhadap software perangkat IoT Anda jika itu memungkinkan. Hindari mengakses website phising, menggunakan antimalware dan yang terpenting Anda harus menggunakan password yang aman untuk setiap perangkat Anda.

2. Membeli perangkat dari perusahaan yang memiliki reputasi baik

Jangan tergiur dengan harga yang murah, tetapi tidak memperhatikan reputasi dari perusahaan penyedia perangkat IoT pilihan Anda tersebut. Mengapa harus membeli produk dari vendor terpercaya? Komunikasi antara perangkat IoT dengan smartphone menghubungkan komunikasi data untuk menjalankan perintah. Jika vendor yang Anda pilih merekam data aktivitas antara perangkat IoT dengan smartphone, maka tidak ada lagi privasi untuk Anda. Selain itu, kemungkinan jual beli data terjadi. Hal ini tentu akan sangat merugikan diri Anda sendiri. Kejadian ini pun tedak lepas dari kesalahan pemilihan vendor yang Anda lakukan.

3. Selalu menjaga keamanan jaringan

Pastikan Anda selalu memperhatikan jaringan yang Anda pilih untuk menghubungkan perangkat IoT dan smartphone Anda. Satu hal terpenting, Anda juga harus mengatur jaringan untuk tidak dapat mengirimkandata tanpa adanya konfirmasi dari Anda.

4. Menggunakan Virtual Private Network (VPN)

Untuk menghindari adanya serangan terhadap jaringan utama Anda, ada baiknya Anda menggunakan VPN pada router Anda. Ini perlu Anda lakukan untuk menambahkan Firewall dalam jaringan agar memiliki tingkat keamanan yang lebih baik.

5. Hindari penggunaan password yang sama

Hal terakhir dan sangat umum adalah dengan menghindari penggunaan password yang sama untuk perangkat IoT, Jaringan hingga akun Anda. Ini akan melindungi Anda ketika salah satu akun berhasil diretas oleh oknum tidak bertanggung jawab. Dengan perbedaan password dapat menyelamatkan Anda dari kehilangan semua akses.

Ilustrasi (c) Unsplash.com